Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mahasiswa PGSD

Authors

  • Arief Cahyo Utomo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zaenal Abidin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Henry Aditya Rigiyanti SDN Pucang, Banjarnegara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.103

Keywords:

PJBL, scientific stance, science

Abstract

Abstract

Scientific attitudes are essential for students to improve their creative and critical thinking skills. In fact, there are still many learning practices that focus on lecturers. Learning methods are still widely used in learning one of them is expository. Whereas the Expository method is a less effective method to improve the scientific attitude of students. Students will not be able to be scientific if they are not trained for such. To improve the scientific stance, the relevant learning methods are required. One of them is PJBL, a student-centered learning method. The advantages of PJBL learning are learning approaches that use critical thinking like revealing facts. This research was conducted to improve the attitude of students. The research method implemented is the action research model Kurt Lewin. With research procedure in 1 cycle is planning, application, observation, and reflection. The implementation was conducted for 2 cycles with 4 learning meetings. The results gained in this study were scientific attitudes of the students that were seen from the indicators of scientific attitudes have increased. The average increase in each student has reached 85%. So it can be concluded that the implementation of PJBL in improving student scientific attitudes is said to be effective.

Keywords: PJBL, scientific stance, science

 

Abstrak

Sikap ilmiah sangatlah penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Pada kenyataannya masih banyak praktek pembelajaran yang berpusat pada dosen. Metode pembelajaran yang masih banyak digunakan dalam pembelajaran salah satunya adalah ekspositori. Padahal metode ekspositori merupakan metode yang kurang efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa. Mahasiswa tidak akan dapat bersikap ilmiah jika mereka tidak dilatih untuk seperti itu. Untuk meningkatkan sikap ilmiah tersebut maka diperlukan metode pembelajaran yang relevan. Salah satunya adalah PJBL yaitu metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Kelebihan pembelajaran PJBL adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan pemikiran kritis seperti mengungkap fakta-fakta. Penelitian ini  dilaksanakan untuk meningkatkan sikap ilmih mahasiswa. Metode penelitian yang dilaksanakan yaitu action research model kurt lewin. Dengan prosedur penelitian dalam 1 siklus adalah perencanaan, penerapan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus dengan 4 pertemuan pembelajaran. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu sikap ilmiah mahasiswa yang dilihat dari indikator-indikator sikap ilmiah mengalami kenaikan. Kenaikan rata-rata setiap mahasiswa sudah mencapai 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan PJBL dalam meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa dikatakan efektif.  

Kata kunci: PJBL, Sikap Ilmiah, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Arief Cahyo Utomo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

  • Zaenal Abidin, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

  • Henry Aditya Rigiyanti, SDN Pucang, Banjarnegara, Indonesia

    SDN Pucang, Banjarnegara, Indonesia

Downloads

Published

2020-05-22

Issue

Section

Articles