Pembelajaran Project Based Learning – Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Zaenal Abidin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arief Cahyo Utomo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vira Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Laely Farokhah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.106

Keywords:

PJBL, Literac, Reasoning Mathematics.

Abstract

Abstract

The lower mathematical reasoning abilities of primary school students are the background of this research. This happens because students have not been properly facilitated to develop the ability of mathematical reasoning. Mathematics learning can develop reasoning ability well because mathematics learning has systematic concepts and conceptual relationships. This will have an impact on logical, systematic, and rational ways of thinking. Therefore, teachers must be able to choose learning models that can facilitate the ability of mathematical reasoning. One learning model that can be used is the literacy project-based learning model. This study aimed to determine the effectiveness of improving the ability of mathematical reasoning students who obtain literacy project-based learning. The design of this research was used pretest-posttest, non-equivalent control group.  Based on research results, conclusions can be drawn about the effectiveness of learning includes n-gain, minimum completeness criteria, and mastery learning. Literacy project-based learning has been effective in facilitating reasoning abilities. That is because literacy project-based learning can present contextual material with literacy works that are made and invited to carry out the process of thinking about the use of mathematical contexts in daily life. Furthermore, students can connect mathematical material with real-life contexts and make reasoning to interpret learning well.

Keywords: PJBL, Literacy, Reasoning Mathematics.

 

Abstrak

Kemampuan penalaran matematika siswa sekolah dasar yang sangat adalah latar belakang penelitian ini. Hal tersebut terjadi karena siswa belum difasilitasi dengan baik untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematika. Pembelajaran matematika dapat mengembangkan kemampuan penalaran dengan baik karena pembelajaran matematika memiliki konsep sistematis dan hubungan konseptual. Hal tersebut berdampak pada cara berpikir logis, sistematis dan rasional. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih model pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Project Based learning – Literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Project Based learning – Literasi. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dapat ditarik tentang efektivitas

 

pembelajaran yang mencakup n-gain, kriteria ketuntasan minimum, dan penguasaan pembelajaran. Pembelajaran Project Based learning – Literasi telah efektif dalam memfasilitasi kemampuan penalaran. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran Project Based learning – Literasi dapat menyajikan materi kontekstual dengan karya-karya Literasi yang dibuat dan dituntut untuk melakukan proses berpikir tentang penggunaan konteks matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa  dapat menghubungkan materi matematika dengan konteks kehidupan nyata dan dapat membuat alasan untuk menafsirkan pembelajaran dengan baik.

Kata kunci: Project Based learning, Literasi, Penalaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Zaenal Abidin, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

  • Arief Cahyo Utomo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

  • Vira Pratiwi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Laely Farokhah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

Downloads

Published

2020-05-22

Issue

Section

Articles