KOMUNIKASI DALAM PENANGGULANGAN BENCANA OLEH BADAN NASIONAL PENAGGULANGAN BENCANA (BNPB) MELALUI PENDEKATAN BUDAYA

(Studi Kasus pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Penanggulangan Bencana melalui Pertunjukan Wayang Kulit di Kabupaten Purworejo)

Authors

  • Murliana
  • Nurul Fauziah
  • Mia Meilina

Abstract

Komunikasi dalam Penanggulangan Bencanaoleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pendekatan Budaya (Studi Kasus pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Penanggulangan Bencana melalui Pertunjukan Wayang Kulit di Kabupaten Purworejo).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perlunya pertunjukan wayang kulit sebagai pendekatan budaya yang dilakukan oleh BNPB dan untuk mengetahui strategi penyampaian pesan penanggulangan bencana oleh BNPB melalui pertunjukan wayang kulit dalam meningkatkan pemahaman tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertunjukan wayang kulit sebagai pendekatan budaya perlu dilakukan dalam komunikasi penanggulangan bencana karena pendekatan budaya dapat diterima dengan baik dan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penanggulangan bencana di Kabupaten Puworejo. Hal tersebut dipengaruhi karena adanya persepsi kepercayaan, nilai, dan sikap yang dianut oleh masyarakat di Kabupaten Purworejo terhadap wayang kulit yang dianggap sebagai gambaran kehidupan manusia. Dalam meningkatkan pemahaman tentang penanggulangan bencana, BNPB menggunakan strategi komunikasi melalui pertunjukan wayang kulit berdasarkan lima unsur komunikasi di antaranya yaitu: komunikator yang memiliki kredibilitas di Kabupaten Purworejo, pesan yang disampaikan dibuat jelas, ringkas, menarik dan meyakinkan, saluran yang digunakan adalah wayang kulit, komunikan yang dituju adalah semua kalangan,dan efektivitas yang ditimbulkan dari pendekatan budaya yaitu adanya pengertian, kesenangan, dan tindakan.

Downloads

Published

2020-07-22

Issue

Section

Articles