FORMULASI STRATEGI DARI EVALUASI SIKLUS HIDUP PRODUK, STRATEGI KEKUATAN KOMPETISI DAN ANTICIPATING COMPETITOR'S ACTION STUDI KASUS CONVENIENCE STORE

Authors

  • Ratna Suminar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v16i1.109

Keywords:

Case Study Evaluation, Product Life Cycle, Competitive Advantage Strategy, Anticipating Competitor's Actions

Abstract

Penulisan ini merupakan evaluasi terhadap strategi keunggulan kompetisi dari studi kasus convenience store yang sempat menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Dasar pemilihan convenience store ini untuk dijadikan studi kasus merujuk pada fenomena model bisnis di Indonesia ketika masuk pasar dan sangat mudah diterima oleh konsumen namun kemampuan bertahan di pasar tidak lama. Selama 9 tahun berada di pasar, produk ini akhirnya kalah oleh produk pengikut. Sehingga diperlukan evaluasi setiap tahap siklus hidup produk tersebut. Evaluasi menggunakan data sekunder dari literatur, melakukan pengamatan di beberapa negara seperti Singapur, Korea dan Jepang, serta melakukan studi literatur tentang competitive strategy, product life cycle. Hasil evaluasi terhadap  product life cycle SE antara lain pada tahap perkenalan produk dibutuhkan  selama 1 tahun, tahap pertumbuhan selama 2 tahun, tahap kemapanan selama 3 tahun dan tahap penurunan produk hingga dinyatakan tutup selama 3 tahun. Teknik analisis hasil evaluasi dengan menggunakan metode proses Anticipating Competitor’s Actions.  Hasil analisis yang diperoleh berupa rekomendasi strategi-strategi umum setiap tahap pada product life cycle yang dapat digunakan untuk produk perintis lainnya.

Downloads

Published

2020-05-28