PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGARUH SOSIAL DAN DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI - BEKASI

  • Mumammad Richo Rianto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tutiek Yoganingsih
Keywords: Religiusitas, Pengaruh Sosial, Dukungan Pemerintah, Minat Menabung, dan Bank Syariah

Abstract

Penurunan market share bank syariah mandiri dalam 10 tahun terakhir menimbulkan tandatanya faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian yang dibangun untuk mempelajari hubungan religiusitas, pengaruh sosial dan dukungan pemerintah terhadap minat menabung di Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini mengambil tiga variabel bebas yaitu religiusitas, pengaruh sosial dan dukungan pemerintah serta satu variabel terikat minat menabung.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik wawancara dengan kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan sampel adalah nasabah bank syariah mandiri dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample yaitu  purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 183 responden, dimana 22 responden tidak memenuhi syarat sehingga ada sebanyak 161 responden yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.3.2 untuk mengolah data dalam menemukan jawaban atas hipotesis.

 

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa religiusitas dan pengaruh sosial berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah mandiri – Bekasi, namun dukungan pemerintah memberikan hasil yang berbeda dimana dukungan pemerintah tidak berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah mandiri – Bekasi. Penelitian ini fokus kepada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat menabung di Bank Syariah Mandiri – Bekasi. Penelitian ini diharapkan akan memberikan gamabaran kepada Bank Syariah Mandiri dalam mempertimbangkan keputusan bisnis dalam meningkagkan kinerja perusahaan.

 

Kata Kunci : Religiusitas, Pengaruh Sosial, Dukungan Pemerintah, Minat Menabung, dan Bank Syariah

Published
2020-11-27