REPRESENTASI CANTIK PADA IKLAN TELEVISI NIVEA PEARL & BEAUTY DEO VERSI ABEL CANTIKA

(Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)

Authors

  • Aisyah Bariyana Nur Fitri UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Nursha Dwi Setyowati
  • Diana Nur Wahyuning Mahardika

Keywords:

semiotik, Charles Sanders Pierce, iklan, cantik

Abstract

Penelitian ini didasarkan maraknya konstruksi perempuan cantik dalam iklan media massa. Salah satu industri kecantikan yang memanfaatkan bagaimana iklan dalam menggambarkan kecantikan adalah Iklan televisi Nivea Pearl & Beauty Deo Versi Abel Cantika. Namun representasi perempuan dalam iklan tersebut tidak memancarkan kecantikan secara fisik. Sehingga tujuan penulis ingin mengetahui representasi rahasia cantik all out Versi Abel Cantika, dan untuk mengetahui makna tersembunyi dalam iklan tersebut. Pentingnya hal tersebut dikarenakan Iklan dengan kuat bisa membidikkan opini publik terhadap bagaimana standart-standart kecantikan. Penggambaran atau representasi kecantikan perempuan dapat dilihat melalui audio, visual, text, ekspresi, perilaku, dan pakaian yang merupakan bagian dari material kehidupan dalam iklan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat interpretative dengan analisa semiotik Charles Sanders Pierce. Melalui analisa semiotik penulis bisa melihat bagaimana kecantikan perempuan dengan mengamati secara rinci apa yang ditampilkan oleh iklan tersebut, seperti pakaian, warna, atau tempat. Sehingga hasil penelitian dapat di ketahui bahwa Iklan Nivea Pearl & Beauty Deo Versi Abel Cantika, kecantikan digambarkan melalui rasa percaya diri dengan menjadi diri sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkan, N. (n.d.). New Trends in The Representation of Women in Contemporary Media Culture : A Critical Analysis of Three Women empowering Advertising Campaigns.

Ashyad, M. H. (2017). Jangan Salah, Tipe Font yang Kita Gunakan untuk Menulis Mengandung Makna Psikologis Lho. 29 Mei.

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles