STUDI KEAMANAN LINGKUNGAN: AKTOR TRANSNASIONAL DALAM PENANGANAN PENCEMARAN SUNGAI CITARUM

Authors

  • Prilla Marsingga Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

keamanan lingkungan, aktor transnasional, Sungai Citarum

Abstract

Sungai Citarum telah menjadi perhatian internasional karena masalah pencemaran yang sangat berat. Sungai Citarum pun kemudian tak luput dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia. Pencemaran Sungai Citarum berada pada tataran isu keamanan lingkungan. Kasus tersebut kemudian mengundang respon dari banyak pihak yaitu aktor lokal dan internasional yang kemudian membentuk sebuah jaringan dan disebut sebagai Transnational Advocacy Networks (TAN). Mereka bergerak dalam mekanisme TAN sebagai usaha persuasi dan sosialisasi, yaitu: information politics, symbolic politics, leverage politics, dan accountability politics, serta menciptakan pola Boomerang Pattern. Penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode penelitian sosial kualitatif. TAN dalam penyelamatan Sungai Citarum ini dilakukan oleh banyak aktor dari berbagai kalangan seperti NGO lokal, NGO Internasional, Media, Akademisi dan Ahli serta Lembaga Penelitian Independen dalam dan luar negeri. Strategi- strategi yang dilakukan, kemudian menghasilkan beberapa pengaruh yaitu: mempengaruhi pembuatan agenda dan isu; mempengaruhi posisi negara dan organisasi internasional; mempengaruhi perubahan prosedur dan kebijakan aktor target; dalam mempengaruhi perilaku negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayliss & Smith. 1997. The Globalization of World Politic: An Introduction to International Relations. New York: OxfordUniversity Press.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions, Thousand Oaks: Sage Publications,1998.

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles