Metode Location Based Service Dalam Mengurangi Resiko Tersesat Saat Pendakian Gunung Menggunakan Global Positioning System (GPS)

Authors

  • Danan Rifandi Nugroho Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Asep Ramdhani Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tri Dharma Putra Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiforty.v1i1.138

Keywords:

Mountaineer, Location Based Service, Global Positioning System, Mountain Climbing Guide

Abstract

Abstract

 

Climbing in Indonesia from year to year has increased the demand. More and more climbers are interested in this activity but increasingly also accidents that occur in the mountain due to lack of knowledge and discipline of climbers. The mountaineering guide app is made to help climbers to plan preparations before climbing and while climbing the mountains, this app also features a mountain position layout and path from basecamp, climbing posts to the top, and can request evacuation requests at TimSAR. By using the technology of Global Positioning System and Location Based Service climbers can easily find the point where it is located, and can minimize accidents and even death that can occur in the mountain.

 

Keywords: Mountaineer, Location Based Service, Global Positioning System, Mountain Climbing Guide.

 

Abstrak

 

Pendakian di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan peminatnya. Semakin banyak pendaki yang meminati kegiatan ini tetapi semakin bertambah pula kecelakaan yang terjadi di gunung akibat kurangnya pengetahuan dan kedisiplinan pendaki. Aplikasi panduan mendaki gunung dibuat untuk membantu para pendaki untuk merencanakan persiapan sebelum mendaki dan saat mendaki gunung, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tata letak posisi gunung dan jalur dari basecamp, pos-pos pendakian sampai ke puncak, dan dapat meminta permintaan evakuasi pada TimSAR. Dengan menggunakan teknologi Global Positioning System dan Location Based Service pendaki dapat dengan mudah mencari titik posisinya berada, dan dapat meminimalisir kecelakaan bahkan kematian yang dapat terjadi di gunung.

 

Kata kunci: Pendaki Gunung, Location Based Service, Global Positioning System, Panduan Mendaki Gunung.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Danan Rifandi Nugroho, Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Asep Ramdhani, Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Tri Dharma Putra, Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Downloads

Published

2020-05-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

Metode Location Based Service Dalam Mengurangi Resiko Tersesat Saat Pendakian Gunung Menggunakan Global Positioning System (GPS). (2020). Journal of Informatic and Information Security, 1(1), 27-40. https://doi.org/10.31599/jiforty.v1i1.138