Publication Ethics

Panduan Peninjau


Peer reviewer bertanggung jawab untuk membaca dan mengevaluasi naskah secara kritis di bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Kemudian berikan umpan balik yang baik, konstruktif dan jujur ‚Äč‚Äčkepada penulis tentang pengiriman naskahnya. Peer review harus membahas kelebihan dan kekurangan artikel, bagaimana meningkatkan kualitas karya dan mengevaluasi relevansi dan orisinalitas naskah.

Istilah Peninjau

Kontribusi terhadap keputusan editorial: Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dengan berkomunikasi dengan penulis melalui tim editor sehingga mereka dapat membantu penulis dalam memperbaiki naskah.
Kecepatan: Reviewer terpilih diharapkan memberikan proses review naskah sesuai waktu yang ditentukan, sehingga membantu proses publikasi dan penulis.
Objektivitas: Tinjauan resensi harus dilakukan secara objektif, dengan jelas mengungkapkan analisis dan argumen pendukung.
Kerahasiaan: Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia, tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali atas izin editor.