Motivasi Dalam Kegiatan Menyimak Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Farhah Athifah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Zahara Tussoleha Rony Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Apriyanti Widiansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/edukarya.v2i1.1307

Keywords:

Menyimak, keterampilan siswa, sekolah dasar

Abstract

Kegiatan menyimak membutuhkan motivasi terutama pada siswa sekolah dasar. Motivasi pada proses kegiatan menyimak dapat timbul dari berbagai faktor. Motivasi siswa dapat diamati dari proses belajar yang dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi siswa kelas 3B Sekolah Dasar Negeri Harapan Baru I dalam proses belajar menyimak dongeng dan mengamati faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada motivasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan melakukan pengamatan secara mendalam di kelas 3B Sekolah Dasar Negeri Harapan Baru I. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi agar dapat melihat dengan detail motivasi siswa saat proses belajar menyimak dongeng juga faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut. Insturmen penelitian ini berupa kegiatan observasi, pedoman wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian adalah siswa kelas 3B memiliki motivasi yang cukup baik pada pembelajaran menyimak dongeng. Dan faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas 3B saat pembelajaran menyimak yaitu faktor fisik, faktor pengalaman, dan faktor lingkungan. Secara keseluruhan motivasi siswa kelas 3B dalam pembelajaran menyimak dongeng dinyatakan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles