Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Di Sekolah Dasar

Authors

  • Firda Novianti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Hafizah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Fara Diba Catur Putri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/edukarya.v2i1.1309

Keywords:

Cooperative Learning, Think Talk Write, Keterampilan Menulis Pantun

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran keterampilan menulis pantun yang dilatar belakangi penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun di tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas  yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,  refleksi dengan subjek penelitian 23 siswa kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah dengan menerapkan model cooperative learning tipe Think Talk Write . Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Intrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar aktivitas siswa, aktivitas guru, wawancara dan soal tes, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapat dalam peneitan ini sebagai berikut: a). Pengunan model pembelajaran mampu meningkatakan hasil belajar siswa dalam menulis pantun, berdasarkan hasil tes pada prasiklus yaitu 47,83% atau 11 siswa yang mampu menulis pantun, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,22% atau 15 siswa dan  pada siklus II meningkat menjadi  86,96% atau 20 siswa yang dapat menulis pantun secara baik dan benar. b). Siswa menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran berlangusung.  Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pengguanaan model cooperative learning tipe Think Talk Write sebagai moda pembelajaran inovatif dalam keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles