http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/issue/feed Educational Journal of Bhayangkara 2022-07-26T00:00:00+00:00 Yosi Gumala yosi.gumala@dsn.ubharajaya.ac.id Open Journal Systems <p><strong><em>Educational Journal of Bhayangkara</em></strong> (Edukarya) merupakan jurnal yang dierbitkan oleh <strong>Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya</strong>. <strong>Edukarya</strong> menjadi wadah ilmiah pada bidang ilmu pendidikan yang diharapkan mampu mengakomodasi pendidik, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji yang berisi karya imilah berupa tulisan/artikel sebagai wadah untuk mempublikasikan hasil pemikiran, penelitian, dan pengabdian yang relevan dengan rumpun keilmuan kependidikan Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Olahraga. Jurnal Edukarya diterbitkan <strong><em>dua kali selama satu tahun</em></strong> dengan periode penerbitan antara bulan <strong>Mei </strong>dan<strong> Desember </strong>setiap tahunnya. <strong>E-ISSN: 2722-3051 sesuai SK ISSN 0005.27223051/JI.3.1/SK.ISSN/2020.05 (22 Mei 2020). </strong></p> http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1308 Analisis Problematika Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 2022-07-19T08:26:59+00:00 Anggie Septya Murfiana anggie.septya18@mhs.ubharajaya.ac.id Apriyanti Widiansyah apriyanti.widiansyah@dsn.ubharajaya.ac.id Dariyanto dariyanto@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh <em>problematika</em> mengenai membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yang dapat dilihat dari kurangnya pemahaman siswa mengenai pertanyaan yang mengandung unsur <em>5W+1H (what, why, who, when, where, dan how)</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dan menganalisis mengenai <em>problematika</em> membaca pemahaman teks deskripsi yang di alami oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru kelas IVA dan siswa kelas IVA, sebanyak 31 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini terdapat 3 guru dan 3 siswa kelas IVA SDN Harapan Baru 1 Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara, dan hasil dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan berupa <em>data collection, data reduction, data display, dan conclusion</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV Sekolah Dasar mengalami <em>problematika</em> mengenai membaca pemahaman teks deskripsi, yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai apa itu <em>5W+1H</em>, cara menentukan kalimat utama yang tepat, serta membuat sebuah kesimpulan dengan menggunakan bahasa sendiri. Terdapatnya beberapa <em>problematika</em> yang di alami oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar tersebut dapat mempengaruhi faktor pemahaman membaca siswa.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Anggie Septya Murfiana, Apriyanti Widiansyah, Dariyanto http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1307 Motivasi Dalam Kegiatan Menyimak Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar 2022-07-14T02:02:00+00:00 Farhah Athifah farhah.athifah18@mhs.ubharajaya.ac.id Zahara Tussoleha Rony zahara.tussoleha@dsn.ubharajaya.ac.id Apriyanti Widiansyah apriyanti.widiansyah@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Kegiatan menyimak membutuhkan motivasi terutama pada siswa sekolah dasar. Motivasi pada proses kegiatan menyimak dapat timbul dari berbagai faktor. Motivasi siswa dapat diamati dari proses belajar yang dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi siswa kelas 3B Sekolah Dasar Negeri Harapan Baru I dalam proses belajar menyimak dongeng dan mengamati faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada motivasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan melakukan pengamatan secara mendalam di kelas 3B Sekolah Dasar Negeri Harapan Baru I. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi agar dapat melihat dengan detail motivasi siswa saat proses belajar menyimak dongeng juga faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut. Insturmen penelitian ini berupa kegiatan observasi, pedoman wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian adalah siswa kelas 3B memiliki motivasi yang cukup baik pada pembelajaran menyimak dongeng. Dan faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas 3B saat pembelajaran menyimak yaitu faktor fisik, faktor pengalaman, dan faktor lingkungan. Secara keseluruhan motivasi siswa kelas 3B dalam pembelajaran menyimak dongeng dinyatakan baik.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Farhah Atifhah, Zahara Tussoleha Rony, Apriyanti Widiansyah http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1309 Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Di Sekolah Dasar 2022-07-19T08:26:15+00:00 Firda Novianti firda.novianti18@mhs.ubharajaya.ac.id Hafizah Hafizah@dsn.ubharajaya.ac.id Fara Diba Catur Putri fara.diba@dsn.ubharajaya.ac.id <p><em>Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran keterampilan menulis pantun yang dilatar belakangi penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun di tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dengan subjek penelitian 23 siswa kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah dengan menerapkan model cooperative learning tipe Think Talk Write . Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Intrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar aktivitas siswa, aktivitas guru, wawancara dan soal tes, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapat dalam peneitan ini sebagai berikut: a). Pengunan model pembelajaran mampu meningkatakan hasil belajar siswa dalam menulis pantun, berdasarkan hasil tes pada prasiklus yaitu 47,83% atau 11 siswa yang mampu menulis pantun, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,22% atau 15 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 86,96% atau 20 siswa yang dapat menulis pantun secara baik dan benar. b). Siswa menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran berlangusung. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pengguanaan model cooperative learning tipe Think Talk Write sebagai moda pembelajaran inovatif dalam keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah.</em></p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Firda Novianti, Hafizah, Fara Diba Catur Putri http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1305 Penerapan Model Examples Non Example Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas 3 SDN Harapan Baru I 2022-07-25T07:22:01+00:00 LinggarJati Ahadya linggarjati.ahadya18@mhs.ubharajaya.ac.id Fara Diba Catur Putri fara.diba@dsn.ubharajaya.ac.id Dariyanto dariyanto@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Berawal dari rendahnya sikap kerja sama murid dan kepasifan dalam kegiatan belajar mengajar serta dalam proses belajar mengajar pun guru kurang melibatkan siswa sehingga siswa tidak saling bekerja sama dan belajar secara sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal peserta didik atau dalam artian meningkatkan sikap sosial peserta didik. Selain itu dalam hal ini pun kurang terlatihnya sikap sosial siswa kepada temannya perihal afektif, yang menimbulkan kepekaan siswa terhadap temannya tidak terlihat. Dengan adanya penerapan <em>model examples non examples </em>dapat menambah pengalaman siswa dalam belajarnya yang semula hanya memakai metode ceramah serta kurang melibatkan peserta didik. Melalui <em>model examples non examples </em>ini siswa dapat saling berbaur dan berdiskusi secara kelompok, dan tidak satu arah saja. Jenis metode penelitian yang di pakai pada penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas, yang di peruntukkan memperbaiki kekurangan dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu dengan adanya penerapan <em>model examples non examples </em>di harapkan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dalam hal kepekaan sosial, wawasan sosial dan komunikasi sosial.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Linggarjati Ahadya, Fara Diba Catur Putri, Dariyanto http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1306 Kemampuan Siswa SD Dalam Menulis Karangan Deskripsi Berbantuan Media Gambar Berseri Berbasis Power Point 2022-07-19T08:27:35+00:00 Syaffa Resudane Caesar Salamah syaffa.resundane18@mhs.ubharajaya.ac.id Apriyanti Widiansyah apriyantiwidiansyah@dsn.ubharajaya.ac.id Markum markum@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Rendahnya minat menulis pada siswa kelas IV SDN Sukamaju 03 dalam menulis karangan deskripsi salah satunya di akibatkan kurangnya konsentrasi anak, tidak tertariknya siswa terhadap pembelajaran, dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar berseri berbasis (<em>Power Point</em>). Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di kemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart penelitian ini dilakukan sebanyak dua Siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian ini merupakan hasil dari beberapa tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Tahap perkembangan siswa dapat di lihat, dan diukur mulai dari tahap prasiklus, jumlah siswa yang tuntas 7 orang dengan nilai presentase 24%, terdapat kenaikan nilai pada Siklus I berjumlah 12 siswa tuntas dengan peresentase 41 % dan pada Siklus II berjumlah 24 siswa dengan nilai presentase 83 % yang di harapkan benar – benar menerapkan media pembelajaran gambar berseri berbasis Power Point di sekolah dasar.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Syaffa Resundane Caesar Salamah, Apriyanti Widiansyah, Markum