https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/issue/feedEducational Journal of Bhayangkara2022-12-23T07:52:42+00:00Yosi Gumalayosi.gumala@dsn.ubharajaya.ac.idOpen Journal Systems<p><strong><em>Educational Journal of Bhayangkara</em></strong> (Edukarya) merupakan jurnal yang dierbitkan oleh <strong>Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya</strong>. <strong>Edukarya</strong> menjadi wadah ilmiah pada bidang ilmu pendidikan yang diharapkan mampu mengakomodasi pendidik, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji yang berisi karya imilah berupa tulisan/artikel sebagai wadah untuk mempublikasikan hasil pemikiran, penelitian, dan pengabdian yang relevan dengan rumpun keilmuan kependidikan Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Olahraga. Jurnal Edukarya diterbitkan <strong><em>dua kali selama satu tahun</em></strong> dengan periode penerbitan antara bulan <strong>Mei </strong>dan<strong> Desember </strong>setiap tahunnya. <strong>E-ISSN: 2722-3051 sesuai SK ISSN 0005.27223051/JI.3.1/SK.ISSN/2020.05 (22 Mei 2020). </strong></p>https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1719Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar 2022-12-23T02:52:38+00:00Rennawatirenna1982@yahoo.comDian Anggraeni Maharbiddian.anggraeni@dsn.ubharajaya.ac.id<table width="619"> <tbody> <tr> <td width="404"> <p>Masalah yang dibahas dalam ulasan ini adalah bagaimana untuk lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas VI dalam ujian persahabatan dengan memanfaatkan media gambar. Alasan kajian ini adalah untuk lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS) tentang ASEAN dengan memanfaatkan media gambar. Sumber informasi kajian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah siswa 19 orang. Pada saat penjajakan diarahkan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Eksplorasi diarahkan untuk 2 siklus. Informasi yang dikumpulkan adalah informasi kuantitatif dan subyektif. Informasi kuantitatif adalah informasi yang diperoleh dari hasil tes perkembangan pada setiap siklus. Informasi yang diperoleh kemudian dibicarakan dengan aturan-aturan kemajuan untuk menentukan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh pada pra siklus hanya 7 siswa (36,84%) yang mendapat nilai di atas KKM. Siklus I bertambah menjadi 17 siswa (89,47%). Sedangkan pada siklus II bertambah menjadi 19 siswa (100 persen). Akhir dari penelitian perbaikan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS).</p> </td> </tr> </tbody> </table>2022-12-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Rennawati, Dian Anggraeni Maharbidhttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1725Penerapan Model Kooperatif Think, Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Manusia Dan Hewan 2022-12-22T12:14:52+00:00Anggi Nikhmatul Yulistyarninikhmatula@gmail.comSuyonosuyono070070@gmail.comDian Anggraeni Maharbiddian.anggraeni@dsn.ubharajaya.ac.id<p>Pembelajaran IPA bisa dipergunakan untuk berbagi kemampuan siswa dalam menjelajahi dan memahami alam sekitar dengan menggunakan pengalaman langsung. Berdasarkan yang terjadi, nilai rata-rata ulangan harian di kelas ada 4 peserta didik yang sudah tahu materi organ gerak manusia dan hewan atau sebesar 28,57% asal 14 peserta didik. Penelitian ini dibuat untuk menaikkan perolehan belajar siswa tentang materi organ gerak manusia dan hewan dalam pelajaran IPA. Penelitian perbaikan pembelajaran ini diaplikasikan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sugihan Trenggalek yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dibantu oleh seorang pengamat dari rekan sejawat. Desain perbaikan pembelajaran ini menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) yg terdiri berasal kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini memakai metode kooperatif think, pair and share. Perbandingan hasil belajar siklus I dan siklus II mengalami perubahan yang awalnya 50% akhirnya menjadi 85,71%. Dengan demikian pelaksanaan perbaikan pembelajaran menggunakan menggunakan metode kooperatif think, pair and share materi organ gerak manusia dan hewan dapat meningkatkan pengetahuan serta hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Sugihan Kab. Trenggalek Tahun Pelajaran 2022/2023.</p>2022-12-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Anggi Nikhmatul Yulistyarni, Suyono, Dian Anggraeni Maharbidhttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1734Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Make A Match Pada Peserta Didik 2022-12-23T04:25:40+00:00Dika Nurhayatidikanurhayati29@gmail.comDwi Setyawatidikahyden@gmail.comDian Anggraeni Maharbiddian.anggraeni@dsn.ubharajaya.ac.id<p>Rendahnya prestasi matematika siswa kelas III di SD Negeri Ngajaran 03 merupakan akibat dari metode mengajar guru yang monoton. Padahal pelajaran matematika sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, khususnya bagi siswa, sehingga guru harus berinovasi dengan memasukkan metode pembelajaran “<em>Make a Match”</em> ke dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah. Jenis penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Setiap siklus yang diteliti meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa yang mencapai KKM lebih dari 65; khusus pada Pra-Siklus, diketahui nilai dari 29 siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 10 siswa (34,5%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 siswa (65,5%), dengan nilai rata-rata 57,93. Pada Siklus I, 15 siswa (52,5%) yang tuntas dalam pembelajaran dan 19 siswa (65,5%), dengan nilai rata-rata 57,93. Pada Siklus II, 15 siswa (52,5%) yang tidak tuntas dalam pembelajaran dan 19 siswa (65,5%), dengan nilai rata-rata 57,93. Pada Siklus I, 15 siswa (52%) yang tuntas belajar, berbanding dengan 14 siswa (48%) dengan nilai 63,96 yang belum tuntas. Siklus II terjadi peningkatan hingga 26 siswa (90%) yang tuntas belajar, sedangkan yang tidak tuntas hanya 3 siswa (10%) dengan nilai 73,96. Atas dasar hasil pengamatan, evaluasi, dan revisi pada setiap pelaksanaan tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model “<em>Make a Match”</em> dapat meningkatkan kemampuan pemecahan soal pecahan pada siswa SD Negeri Ngajaran 03</p>2022-12-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Dika Nurhayati, Dwi Setyawati, Dian Anggraeni https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1748Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Metode Diskusi Siswa 2022-12-23T05:06:14+00:00Dina Martriasdina.martrias@gmail.comDian Anggraeni Maharbiddian.anggraeni@dsn.ubharajaya.ac.id<table width="619"> <tbody> <tr> <td width="404"> <p>Siswa sering menganggap IPS sebagai pelajaran yang mebuat bosan dan kurang berminat karena metode yang digunakan selalu metode ceramah. Sebenarnya pelajaran IPS merupakan sarana pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi kebosanan siswa, pendidik memiliki tanggung jawab untuk menggunakan berbagai cara dan metode dalam proses pembelajaran IPS agar siswa senang dan memiliki minat yang tinggi terhadap materi, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide atau pemikirannya. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini dilakukan dalam prasiklus, siklus I dan siklus II. Tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Dipenelitian ini menggunakan siswa kelas IV SDN 01 Tanjung Dalom tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 10 siswa diantaranya laki-laki berjumlah 5 siswa dan perempuan berjumlah 5 siswa. Berdasarkan persentase hasil belajar pada murid kelas IV dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Persentase hasil kognitif 80% disiklus I meningkat dengan hasil 100% disiklus II. Persentase psikomotor 81,2% disiklus I meningkat yaitu 88,7% disiklus II. Persentase afektif 73,3% disiklus I meningkat yaitu 87,5% disiklus II. Temuan menunjukkan penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan kinerja akademik dalam studi sosial.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2022-12-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Dina Martrias, Dian Anggraeni Maharbidhttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/1772Kemampuan Menulis Permulaan Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-192022-12-23T05:14:36+00:00Dinda Aprilia Ayuningtyasdinda.aprillia18@mhs.ubharajaya.ac.idSuharjuddinsuharjuddin@dsn.ubharajaya.ac.id<table width="619"> <tbody> <tr> <td width="404"> <p>Pada observasi yang sudah dilakukan oleh peneliti, peneliti memilih permasalahan tentang kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas IIIC di SDN Harapan Baru II, menulis permulaan dianggap akan menjadi dasar dalam peningkatan dan pengembangan kemampuan siswa pada jenjang selanjutnya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari tau kesulitan yang dialami siswa dan mencari tau faktor faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menulis permulan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini dalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti ingin mengetahui kesulitan menulis yang ada pada siswa kelas III C dan peneliti ingin mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan dalam menulis. Penelitian ini dapat digunakan untuk melihat faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan menulis permulaan sehingga guru dapat melihat apa saja kesulitan yang dialami siswa dan memperbaiki hasil tulisan siswa.</p> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p> <p> </p>2022-12-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Dinda Aprillia Ayuningtyas, Suharjuddin