Kemampuan Gerak Dasar Lari Jarak Menengah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Anak Agung Ngurah Putra Laksana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Indonesia
  • I Wayan Adnyana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Indonesia
  • Kandidus Jimyanto Jenaru Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gerak dasar lari jarak menengah pada siswa sekolah menengah pertama. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Widya Sakti Denpasar. Adapun sampel dalam penelitian sebanyak 32 siswa yang berasal kelas VIII A. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yaitu analisis data model interaktif yang melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari observasi diperoleh terdapat siswa pada kategori baik dengan persentase hasil sebanyak 50% (16 siswa) dan kategori cukup dengan persentase hasil nilai observasi sebanyak 50%  (16 siswa). Hasil data wawancara menunjukkan belum maksimalnya proses pembelajaran karena faktor penghambat. Hasil data kuesioner menunjukkan sebanyak 12 siswa (37,5%) dalam kategori baik dan sebanyak 20 siswa (62,5%) berada dalam kategori cukup. Berdasarkan ketiga sumber data hasil penelitian menunjukkan bahwa belum maksimalnya kemampuan siswa dalam melakukan gerak dasar lari jarak menengah. Penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru, pelatih serta aktifis olahragawan dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar lari yakni dengan koordinasi kondisi fisik serta sarana prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bompa. (2011). Theory And Of Training The Key Perpomance,. Hunt Publishing Company.

Cahyati, S., Kusumawati, I., & Irianto, D. P. (2020). Gaya Kepemimpinan Pelatih Hapkido Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Sport and Health, 1(2), 77–83. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/psikologi/index

Candra, J., & Pasaribu, A. M. N. (2020). KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN TERHADAP AKURASI SHOOTING ATLET SSB TUNAS HARAPAN. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(3), 230–235. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i3.16353

Dewi, C. C., & Sitompul, H. (2016). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Shooting Siswa Smp Negeri Dikecamatan Langsa Kota. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(1), 14–25. https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4888

Dimyati, A. (2017). Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang. Journal Sport Area, 2(2), 19–26. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).1031

Erliza, Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Renang Dengan Pendekatan Bermain Siswa Kelas Iv Sdn 125 Kecamatan Pekanbaru Kota , Kota. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(2), 107–112.

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan terhadap Kemampuan Servis atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education , Health and Sport, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6496

Gunawan, Y. R., Suherman, A., & Sudirjo, E. (2016). Hubungan Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Dribbling Bola Futsal Pada Atlet O2Sn Kecamatan Sumedang Utara. SpoRTIVE, 1(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/3413

Handayani, W. (2018). Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan dengan Ketepatan Hasil Servis Forehand. Wahana Didatik, 16(2), 256–266. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2052

Haris, F. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Keranji Padang. Sport Science:Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20(1), 58–64. https://doi.org/10.24036/jss.v20i1.40

Harsono. (2013). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. Dedikbud Dirjen Dikti.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Indarto, P., Subekti, N., & Sudarmanto, E. (2018). Pengukuran Tingkat Minat dengan Bakat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 1(2), 57. https://doi.org/10.26740/jses.v1n2.p57-61

Komarruzaman, A. (2018). Pembelajaran Gerak dasar dalam pembelajaran Pendidikan jasmani , olahraga , dan kesehatan di sekolah dasar melalui Permainan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 254–258.

Kurniawan, E. Y., Kesoema, T. A., & Hendrianingtyas, M. (2019). Pengaruh Latihan Fleksi Dan Ekstensi Lumbal Terhadap Fleksibilitas Lumbal Pada Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 8(1), 161–170. https://doi.org/10.14710/dmj.v8i1.23314

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2221

Matitaputty, J. (2019). Pengaruh Latihan Kecepatan Terhadap Kecepatan Menggiring Bola Pemain Futsal Junior Fc Patriot Penjaskesrek Unpatti Ambon Johanna. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 101–113. https://doi.org/10.5281/zenodo.2781801

Muharram, N. A. (2015). Pengaruh Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Dasar Terhadap Peningkatan Kemampuan Sprint 100 Meter. Jurnal Sportif, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.572

Nugrahani, Farida, & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Oktariana, D., & Hardiyono, B. (2020). Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kekuatan Otot Perut Terhadap Hasil Smash Bola Voli Pada Siswa SMK Negeri 3 Palembang. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.82

Pasaribu, A. M. N., & Daulay, D. E. (2018). Pengaruh Permainan Lari Estafet terhadap Kemampuan Gerak Dasar Motorik Kasar Siswa Kelas 3 SDN Karet II Kabupaten Tangerang. Jurnal Prestasi, 2(4), 9–14. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11909

Pasaribu, A. M. N., & Kurniawan, F. (2019). Hubungan Kekuatan Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki dengan Kemampuan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola pada Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIP Ubhara Jaya. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.26858/com.v11i1.13380

Pujianto, D., Sutisyana, A., Arwin, A., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81

Rahmawati, I., Sujiono, B., & Marani, I. N. (2019). Hubungan Antara Panjang Tungkai Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Lari 100 Meter Atlet Atletik. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 3(3).

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Sinulingga, A., & Pertiwi, D. (2019). Profesionalisme guru pendidikan jasmani dari kepemimpinan kepala sekolah , budaya sekolah hingga motivasi kerja guru. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 296–311. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13113

Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tournament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Bermain Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 8. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5659

Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Lubuk Agung.

Warni, H., Arifin, R., & Bastian, R. A. (2017). Pengaruh Latihan Daya Tahan (Endurance) Terhadap Peningkatan Vo2max Pemain Sepakbola. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 121–126. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4248

Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan. Jurnal Motion, 9(1), 53–60. https://www.researchgate.net/publication/329442726_MAKNA_DAN_PERAN_PENDIDIKAN_JASMANI_DALAM_PEMBENTUKAN_INSAN_YANG_MELEK_JASMANIAHTER-LITERASI_JASMANIAHNYA

Widya, A. D. I., Pendidikan, J., & Volume, D. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Published

— Updated on 2021-11-15

How to Cite

Laksana, A. A. N. P., Adnyana, I. W., & Jenaru, K. J. (2021). Kemampuan Gerak Dasar Lari Jarak Menengah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 163–176. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.720

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)