Survei Efektifitas Proses Pembelajaran Online Akibat Pandemi Coronavirus (Covid-19) Pada Mata Kuliah Senam Lantai
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.726Keywords:
Pembelajaran Online, Covid-19, Senam LantaiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan proses pembelajaran online pada mata kuliah senam lantai bagi mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi angkatan 2019, Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 60% dari jumlah populasi, yaitu 139 mahasiswa PJKR 2019. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket atau kuisioner berbasis google form, dengan terdapat lima indikator di dalamnya (minat mahasiswa, kemenarikan, manfaat, teknologi, kualitas interaktif). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online pada mata kuliah senam lantai dapat dinyatakan cukup efektif diberikan pada mahasiswa PJKR 2019. Hal ini terbukti dengan perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan lima indikator, sebagai berikut: 99 mahasiswa dari 139 mahasiswa PJKR 2019 menyatakan cukup berminat mengikuti pembelajaran online pada mata kuliah senam lantai dengan persentase 71,22%; 59% atau 82 mahasiswa menyatakan pembelajaran online cukup menarik dilakukan; pembelajaran online juga dinyatakan cukup bermanfaat bagi mahasiswa PJKR 2019 dengan persentase 58% atau 81 mahasiswa menjawab cukup bermanfaat; pada indikator teknologi diperoleh hasil 79% dengan kategori sedang; pembelajaran online dinyatakan cukup interaktif pada mata pelajaran senam lantai dengan persentase 63,31%.
Downloads
References
Agustin Anggi, Suryono Hassan, & Yuliandari Erna. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. PKn Progersif, 12, 483–491.
Arifin, S. (2013). Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan Kuliah Daring Indonesia Terbuka & Terpadu. Buku Pembelajaran Daring, 1(1), 1–159.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Buono, H., Maulina, P., & Muzakkir. (2019). Analisis Framing terhadap Pemberitaan Didiskualifikasinya Miftahul Jannah Dari Cabang Olahraga Judo. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1689–1699. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1398
Chan, J. F.-W., Kok, K.-H., Zhu, Z., Chu, H., To, K. K.-W., Yuan, S., & Yuen, K.-Y. (2020). Genomic characterization of the 2019 novel human-pathogenic coronavirus isolated from a patient with atypical pneumonia after visiting Wuhan. Emerging Microbes & Infections, 9(1), 221–236. https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1719902
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2012). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning: Third Edition. E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning: Third Edition. https://doi.org/10.1002/9781118255971
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran (1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Fathiyah Isbaniah, & Agus Dwi Susanto. (2020). Pneumonia Corona Virus Infection Disease-19 (COVID-19). Journal Of The Indonesian Medical Association, 70(4), 87–94. https://doi.org/10.47830/jinma-vol.70.4-2020-235
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186
Horvitz, B. S. (2007). N. Dabbagh and B. Bannan-Ritland, Online Learning: Concepts, Strategies, and Application. Educational Technology Research and Development, 55(6), 667–669. https://doi.org/10.1007/s11423-007-9071-4
Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa Dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) Pada Smk Mambaul Falah Kudus. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(2), 345. https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.471
Khan, B. H. (2005). Managing E-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. Managing E-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation, 1–424. https://doi.org/10.4018/978-1-59140-634-1
Kuntarto, Eko dan Asyhar, R. (2016). Development of Blended Learning Learning Models in Learning Design Aspects with Online Social Media Platforms to Support Student Lectures. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1–26.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Mudamayanti, P., & Wiryanto. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk MengukurPencapaian Indikator Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V SD di Tengah Situasi Lockdown Akibat Virus Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan PGSD.
Mulyaningsih, I., Zahidin, M. A., & Nurfiana, N. (2016). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset Di Jurusan tadris Bhasa Indoneisa, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. LP2M IAIN SYEKH NURJATI CIREBON, 466.
Munir. (2020). Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Alfabeta, CV. (Vol. 58, Issue 12).
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nurhaeni, R., Heni H, E., & Merdekawati, A. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Sekolah Secara Online Berbasis Lingkungan (Adiwiyata) Di Kementerian Lingkungan Hidup. Bina Insani Ict Journal , 3(31), 17–30.
PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, & IDAI. (2020). Pedoman tatalaksana COVID-19 Edisi 3 Desember 2020. In Pedoman Tatalaksana COVID-19. https://www.papdi.or.id/download/983-pedoman-tatalaksana-covid-19-edisi-3-desember-2020
Revers, M. (2015). International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (Second Edition). In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (pp. 498–503). https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.03059-2
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. In Digital Library UIN Sunan Gunung Jati.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Yuliana. (2020). Coronavirus Diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026/pdf
Zhang, T., Wu, Q., & Zhang, Z. (2020). Probable Pangolin Origin of SARS-CoV-2 Associated with the COVID-19 Outbreak. Current Biology : CB, 30(7), 1346-1351.e2. https://doi.org/10.1016/j.cub.2020.03.022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ari Wibowo Kurniawan, Ahmad Nur Hamzah Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.