Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Selama Masa Pandemi

Authors

  • Muhamad Ardonansyah Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Bayu Hardiyono Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Arif Hidayat Universitas Bina Darma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.739

Keywords:

Motivasi, Pembelajaran PJOK, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan selama masa pandemi. Populasi dalam penelitian ini sekolah dasar Se-Kecamatan Ilir Timur I palembang yang berjumlah 15 sekolah dasar. Hasil penelitian motivasi peserta didik menunjukan bahwa 100% guru tetap memberikan motivasi belajar kepada peserta didik selama masa pandemi dan guru memberikan jawaban dengan cara memberikan salam sehat dan semangat kepada peserta didik selama masa pandemi. Proses pembelajaran PJOK menunjukan bahwa 100% guru bekerjasama dengan orang tua agar pembelajaran PJOK terlaksana dengan baik selama masa pandemi dan memberikan tutorial melalui video dan PowerPoint untuk peserta didik belajar pembelajaran PJOK selama masa pandemi. Kendala belajar menunjukan 93,3% guru belum menguasai penggunaan media daring dalam melaksanakan pembelajaran PJOK selama masa pandemi,  guru kesulitan dalam mengakses internet dalam melaksanakan pembelajaran PJOK selama masa pandemi dan  guru memberikan jawaban lainnya berupa tidak bisa praktik langsung, alat bantu mengajar kurang memadai, susah bagi anak yang tidak memiliki hp atau tidak mempunyai kouta untuk belajar, tidak ada kesulitan, sulit berkomunikasi kepada siswa yang tidak punya handphone. Diharapkan agar kedepanya guru olahraga tetap memberikan motivasi serta pembelajaran PJOK  bervariatif dimasa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ceruso, R., Esposito, G., & D’Elia, F. (2019). Analysis and evaluation of the qualitative aspects of the young players. Journal of Physical Education and Sport, 19(5), 1814–1819. https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s5266

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. http://jurnalrespirologi.org/index.php/jri/article/view/101

Hardiono, B. (2018). Efektifitas Model Latihan Kekuatan Badgan Terhadap Keberhasilan Pemanjatan pada Olahraga Panjat Dinding untuk Pemanjat Pemula. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1), 50–57.

Hardiyono, B. (2020). Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding Dan Percaya Diri Pada Saat Bertanding Atlet Pelatda Pengprov Fpti Sumatera Selatan. Kinestetik, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10399

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Hidayat, A. (2019). Effect of agility ladder exercises on agility of participants extracurricular futsal at Bina Darma University. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055003

Huang, W. Y., & Hsu, C. C. (2019). Research on the motivation and attitude of college students’ physical education in Taiwan. Journal of Physical Education and Sport, 19(1), 69–79. https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s1011

Indra, P., & Marheni, E. (2020). Jurnal Performa Olahraga. Performa Olahraga, 5(1), 39–47.

Kusmiyanti, D., Kristiyanto, A., Utomo, T. A., & History, A. (2018). Motivation to Community for Following Aerobic Sports. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 7(2), 78–82. https://doi.org/10.15294/active.v7i2.23111

Mariani, A. M., Marcolongo, F., Melchiori, F. M., & Cassese, F. P. (2019). Mental skill training to enhance sport motivation in adolescents. Journal of Physical Education and Sport, 19(5), 1908–1913. https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s5283

Priono, J. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK Pada masa pandemi Covid-19 di Mts se-kecamatan sei balai kabupaten batu bara provinsi sumatra utara. Jurnal Penkaslesrek, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1367

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. In Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Undang-undang RI No. 20, 2003, U. R. N. 20 T. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. Zitteliana.

Published

— Updated on 2021-11-15

How to Cite

Ardonansyah, M. ., Hardiyono, B., & Hidayat, A. (2021). Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Selama Masa Pandemi. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 225–234. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.739

Issue

Section

Articles