Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament

Authors

  • Dian Pujianto Universitas Bengkulu
  • Bayu Insansityo Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Syafrial Universitas Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.747

Keywords:

Volley Ball, Forearm Pass, Cooperative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan jasmani semester 3 yang mengikuti perkuliahan bola voli dan dosen pengampu mata kuliah bola voli. Hasil penelitian menunjukkan data pada pra siklus  mahasiswa yang memperoleh nilai 70 ke atas ada 15,9% mahasiswa dan yang memperoleh nilai di bawah 70 ada 84,1% mahasiswa. Pada akhir siklus 1 mahasiswa yang memperoleh nilai di atas 70 ada 29,5% dan yang memperoleh nilai di bawah 70 ada 70,5%. Pada akhir siklus 2 mahasiswa yang memperoleh nilai di atas 70 telah tercapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli mahasiswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashworth, S. Mosston, M. (2018). Teaching Physical Education. Sara Ashworth.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall - Educational Research_ An Introduction (7th Edition)-Allyn & Bacon (2003).pdf (pp. 569–575).

Kanca, I. N. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Penjasorkes. Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, Pendidikan Olahraga Pascasarjana UM, Abad 21, 1–14.

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238

Masi, P. W., & Wasak, M. R. P. (2020). Improving Learning Outcomes of Student’s Volleyball Arbitration using the Team Games Tournament Learning Model. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.818

Metzler, M. W. (2017). Intructional Model For Physical Education. Allyn Bacon.

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140(December 2018), 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603

Miller, D. K. (2010). Measurement by the Physical Educator Why and How.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Ohrnberger, J., Fichera, E., & Sutton, M. (2017). The relationship between physical and mental health: A mediation analysis. Social Science and Medicine, 195(November), 42–49. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2017.11.008

Oktariana, D., & Hardiyono, B. (2020). Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kekuatan Otot Perut Terhadap Hasil Smash Bola Voli Pada Siswa SMK Negeri 3 Palembang. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.82

Pujianto, D., & Insanistyo, B. (2013). Dasar Dasar Penelitian Pendidikan Jasmani (First). FKIP Universitas Bengkulu.

Suhesti Herin, M. (2020). Studi Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Terhadap Senam Aerobik. Jurnal Patriot, 2(1), 278–290. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.520

Published

2021-11-15

How to Cite

Pujianto, D., Insansityo, B., & Syafrial. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 205–212. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.747

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)