PENINGKATAN KEPUASAN MAHASISWA MELALUI KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.31599/jiam.v16i1.111Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Kualitas Pelayanan yang baik dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pesaing usaha dalam pendekatan dengan pelanggan. Tujuan penelitian mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta. Penelitian ini merupakan metodologi penelitian deskriptif kuantitatif dengan perhitungan data menggunakan SPSS versi 22.0. Populasi yang diambil adalah rata-rata pelayanan dan kepuasan. Sampel dari 100 Mahasiswa dalam penelitian ini adalah 40 (empat puluh) Mahasiswa yang datang ke FKIP UIA. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah 20 (dua puluh) butir pernyataan dan analisis ini menggunakan metode pengumpulan data uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji persamaan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap 80,4% terhadap kepuasan sisanya sebesar 19,6% dipengaruhi faktor lain yang diteliti. Kinerja, karakteristik operasi pokok dari produk inti (core product) yang dibeli, keistimewaan tambahan, Keandalan (reliability), Kesesuaian dengan spesifikasi, Daya tahan, Serviceability, Estetika dan kualitas yang dipersepsikan. Dari tingkat rumusan masalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa di FKIP UIA,seberapa besar pengaruh kualitas Pelayanan dan kepuasan mahasiswa di FKIP UIA,seberapa persen pengaruh kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa di FKIP UIA, hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa menunjukan hasil yang sangat kuat, dilihat dari perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,896, serta hasil persamaan regresi Y= 4,495 + 0,932 X menunjukan baik dengan konstanta a sebesar 4,495 dan konstanta b sebesar 0,932 adalah positif dan searah serta dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan hasil yang signifikan. Penilaian responden terhadap pelayanan di FKIP UIA sangat kuat 80,4% namun perlu ditingkatkan lagi pelayanannya. Mengingat pentingnya pelayanan sesuai dengan aturan yang ada.