PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN PENERAPAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Pratiwi Nila Sari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v19i1.1673

Keywords:

Penggunaan Teknologi, E-commerce, Peningkatan Penjualan, UMKM

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of the use of technology and the application of e-commerce to the increase in sales of MSMEs during the Covid-19 pandemic in Bekasi Regency. The data analysis methods used in the study were 1) data quality test consisting of Validity test and Reality test, 2) Classical Assumption Test consisting of Normality Test, Multicollinearity Test, Heteroscedasticity Test, Autocorrelation Test, 3) Multiple Linear Regression Test, 4 ) Hypothesis Testing which consists of Coefficient of Determination Test (R2), Simultaneous Test (F Test), and Partial Test (t Test). The results showed that the use of technology individually/partially had no effect on increasing sales of MSMEs in Bekasi Regency. While the results of the application of e-commerce individually / partially affect the increase in sales of MSMEs in Bekasi Regency. For the third hypothesis, it is proven that the use of technology and the application of e-commerce together has an effect on increasing sales of MSMEs in Bekasi Regency.

References

Abdurrahman Firdaus Thaha. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand 2 (1) :149.

Ahmadi, R S, Harnani, N & Setiadiwibawa, L. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada UMKM Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce di Kota Bandung. Vol. 22, No. 2, July 2020. ISSN 1411 - 0903 : eISSN: 2443-2660.

Akhmad, K A dan Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta. Vol. 25 No. 1 Juni 2021 ISSN: 1410-3737(p) 621-069X(e).

Ayu, Sandra., Ahmad Lahmi. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol. 9 (2) pp:114-123.

Basry, A & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 2 No 3 November 2018 ISSN 2580-4316.

Berlilana, Utami, R & Baihaqi, W M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan. Jurnal Matrix, Vol. 10, No. 3, November 2020.

Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-Commerce Dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445–464.

Ghobakhloo, M., Arias‐Aranda, D. and Benitez‐Amado, J. (2011). "Adoption of e‐commerce applications in SMEs", Industrial Management & Data Systems, Vol. 111 No. 8, pp. 1238-1269. https://doi.org/10.1108/02635571111170785

Gustina, L, Novita, W & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis Vol. 4 No. 1 Januari 2022. ISSN :2655-8238.

Harini, C dan Handayani. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Vol. 13 No. 2 Nopember 2019 (ISSN Cetak 1978-6573) ISSN Online 2477-300X.

Helmalia, A., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39.

Irawati, R dan Prasetyo, I B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 6 No. 2 (2021) hlm. 114-133.

Kuswiratmo, B.A. (2006). Memulai Usaha Itu Gampang!. Jakarta: Visimedia Pustaka.

Laudon and Traver, C. G. (2017). E-commerce : Business, technology, society. Pearson.

Merwe, R. V. D. & Bekker, J. (2003). A framework and methodology for evaluating ecommerce web sites. Internet research: Electronic networking applications and policy, 13(5), pp. 330-341.

Mulyadi, R., (2014). Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Beasiswa Unggulan Berbasis Web Pada Universitas Komputer Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Rianty, M. dan Rahayu, P F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi dan Manajemen Vol. 16, No. 2, 2021, Hal. 153-167. e-ISSN 2657-1080, p-ISSN 1858-3687.

Simarta, J. (2006). Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (eCommerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228.

Sutabri, T. (2016). Sistem informasi manajemen.

Sudaryono; Rahwanto, Efana; & Komala, Ratna. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 02(01), 200-213.

Sumarsid, & Paryanti, A.B. (2019). Analisa Promosi Penjualan Dan Periklanan Terhadap Hasil Penjualan Air Mineral. Journal of Applied Business and Economics (JABE) 6, (1), 1–14.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Widharta, W.P. & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2, (1), 1–15.

www.bps.go.id

Downloads

Published

2023-05-28