PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PENDAPATAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERDAHAP KEPUASAN KEUANGAN PADA TENAGA HARIAN LEPAS SATPOL PP DI KABUPATEN (X)

(Studi Kasus pada warga 07 Kampung KB Marga Mulya Bekasi Utara)

Authors

  • Eri Bukhari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Bintang Narpati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Adi Wibowo Noor Fikri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v17i1.292

Keywords:

Pendidikan, Pendapatan dan Minat Menabung.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat pendidikan dan pendapatan yang diterima oleh warga RW 07 Kampung KB Marga Jaya – Bekasi Utara terhadap keinginan atau minat menabung. Metode yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling dengan metode purposive sebanyak 97 (Sembilan puluh tujuh) kepala keluarga. Menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan hipotesis : (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan terhadap minat menabung bagi warga 07 Kampung KB Marga Mulya - Bekasi Utara (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendapatan terhadap minta menabung bagi warga 07 Kampung KB Marga Mulya - Bekasi Utara (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan terhadap minat menabung bagi warga 07 Kampung KB Marga Mulya - Bekasi Utara. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan tingkat pendidikan dan pendapatan secara simultan terhadap minat menabung bagi warga RW 07 Kampung KB Marga Mulya Bekasi Utara.

References

Boediono. (1985). Ekonomi Moneter. In Pengantar Ilmu Ekonomi.

Dewey, J. (1986). Experience and education. Educational Forum. https://doi.org/10.1080/00131728609335764

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program SPSS 19. Edisi Kelima Semarang : Bandan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Good, C. V. (2006). Methods in Teacher Training. The Journal of Higher Education. https://doi.org/10.2307/1974173

Keller, K. L. (2006). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing. https://doi.org/10.2307/1252054

Kuncoro, mudrajad. (2010). Metode kuantitatif : teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. In System.

Langeveld, M. J. (1958). Education and sociology. International Review of Education. https://doi.org/10.1007/BF01423706

Matin, I., Hulme, D., & Rutherford, S. (2002). Finance for the poor: From microcredit to microfinancial services. Journal of International Development. https://doi.org/10.1002/jid.874

Mittal, V., & Kamakura, W. A. (2003). Satisfaction, Repurchase Intent, and Repurchase Behavior: Investigating the Moderating Effect of Customer Characteristics. Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.1509/jmkr.38.1.131.18832

No.10, U.-U. (1998). Tentang Perubahan Atas Undang - Undang No.7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Republik Indonesia.

Nuraini, I., & Rochminarni, A. B. (2013). Potensi Sumber Daya Daerah Dan Kesejahteraan Keluarga TKI. Jurnal Ekonomi Pembangunan. https://doi.org/10.22219/jep.v11i2.3741

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung. https://doi.org/10.1016/S0969-4765(04)00066-9

Tuanakotta, T. M. (2015). Tuanakotta, Theodorus M. 2007. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Biomass Chem Eng.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Wasid, I., & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. In Review.

Downloads