PENGARUH MODAL, FINANCIAL KNOWLEDGE, TEKNOLOGI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM FASHION DI BEKASI UTARA

Penulis

  • Ahmad Ferdiansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Eri Bukhari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v17i2.537

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, financial knowledge, teknologi dan media sosial terhadap kinerja UMKM fashion di Bekasi Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel penelitian sebesar 45 responden yang merupakan pemilik UMKM fashion di Bekasi Utara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel modal berpengaruh terhadap kinerja UMKM, financial knowledge berpengaruh terhadap kinerja UMKM, teknologi berpengaruh terhadap kinerja UMKM, dan media sosial berpengaruh terhadap kinerja UMKM. Sedangkan secara simultan juga menginformasikan hasil yang positif bahwa modal, financial knowledge, teknologi dan media sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja UMKM.

Kata Kunci : Modal, Financial Knowledge, Teknologi, Media Sosial, Kinerja UMKM

Diterbitkan

— Diperbaharui pada 2021-11-28