PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PT YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFACTURING

Authors

  • Fahmi Kamal Universitas Bina Sarana Informatika
  • Widi Winarso Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tutiek Yoganingsih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v17i1.552

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Produktivitas Kerja.

Abstract

Gaya Kepemimpinan yang sesuai dapat diharapkan oleh karyawan dalam membentuk mental dengan tingkat partisipasi yang tinggi dan disebut dengan motivasi. Metode penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi  terhadap produktivitas kerja pada PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Penelitian ini menggunakan sampel 72 responden. Hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,570 pengaruh antara produktivitas kerja terhadap gaya kepemimpinan dan motivasi pada PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi  sebesar 0,560 dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu gaya kepemimpinan    dan motivasi. Perhitungan koefisien determinasi disesuaikan (R square)  sebesar 0,560 artinya 56% variabel produktivitas kerja (Y) dipengaruhi oleh motivasi  dan gaya kepemimpinan sedangkan sisanya (100% - 56% = 44%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil persamaan regresi dapat diketahui hubungan antara pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap produktivitas kerja hasil Y = 2.241 + 0,440 X. a = 2.241 Artinya jika X = 0 maka nilai produktivitas kerja sebesar 2.241 atau nilai variabel produktivitas kerja tanpa dipengaruhi gaya kepemimpinan dan motivasi. b = 0,440 artinya jika X naik 1 unit maka akan menaikan gaya kepemimpinan sebesar 0,440. Koefisien regresi variabel bebas bertanda positif terhadap motivasi, ini berarti terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap produktivitas kerja dengan tingkat kesalahan 5%. Dengan demikian gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh kuat terhadap peningkatan produktivitas kerja.

References

Anoraga, Panji. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Busro, Dr. Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media.

Butar, L. F. 2015. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan. medan: Universitas HKBP Nommensen.

Hartatik, indah puji. 2014. Praktis Mengembangkan Sdm. Yogyakarta: Laksana.

Hasibuan, Malayu S 2017.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Indah D.Rahayu. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja.” Jurnal Administrasi Bisnis.

Kumala, H.R & Agustina, T. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor.”

Nasution, A..2016. “ Effect of Leadership Styles, Organizational Climate and Ethos of Work on Employee Productivity.” International Journal of Business and Management.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. BANDUNG: PT Refika aditama.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Suwatno dan Donni Juni Priansa. 2016. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Syatiandini, Tia. 2015. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Puri Khatulistiwa Jatinagor.”

Downloads