PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PENDAPATAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERDAHAP KEPUASAN KEUANGAN PADA TENAGA HARIAN LEPAS SATPOL PP DI KABUPATEN (X)

Authors

  • Astuti Yulianingrum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Muhammad Richo Rianto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Milda Handayani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v17i1.582

Keywords:

Pengetahuan keuangan, Pendapatan, Perilaku Keuangan, Kepuasan Keuangan

Abstract

Kepuasan keuangan merupakan bagian penting dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya masih banyak pekerja yang mengalami ketidakpuasan keuangan dalam kehidupan.  Penelitian ini didasarkan pada faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan keuangan yang diantaranya adalah pengetahuan keuangan, pendapatan dan perilaku keuangan yang dilakukan tenaga harian lepas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten (X).  Penelitian ini terdiri dari  tiga variabel bebas yaitu pengetahuan keuangan, pendapatan dan perilaku keuangan serta satu variabel terikat kepuasan keuangan.

Pengembangan penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan menggunakan wawancara dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel tenaga harian lepas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten (X). Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah sampel random sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 126 responden dari total 183 responden yang telah diolah menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.3.2 untuk menganalisa data dan mengambil kesimpulan pada hipotesis.

Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pengetahun keuangan, pendapatan dan perilaku keuangan berpengaruh terhadap kepuasan keuangan pada tenaga harian lepas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten (X). Penelitian ini diharapkan akan memberikan gamabaran kepada pada tenaga harian lepas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten (X) dalam memperoleh kepuasan keuangan.

Kata Kunci : Pengetahuan keuangan, Pendapatan, Perilaku Keuangan, Kepuasan Keuangan

Downloads