PENGARUH PENGUNGKAPAN HUMAN RESOURCES ACCOUNTING DAN TAX PLANNING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • Mulyadi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi
  • Sihar Tambun Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31599/jiam.v16i1.95

Keywords:

HRA Disclosure, Tax Planning, Firm Value, Audit Quality.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan HRA dan tax planning terhadap nilai perusahaan dengan kualitas audit sebagai variabel moderating. Penelitian ini  memproksikan nilai perusahaan dengan Price Earning Ratio (PER), tax planning diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR), pengungkapan Human Resources Accounting (HRA) diproksikan dengan indeks pengungkapan HRA, dan kualitas audit diproksikan dengan jumlah auditor.

            Penelitian ini menggunakan data sekunder yang menggunakan pengumpulan data dokumentasi dan studi pustaka pada situs Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) berupa laporan keuangan tahunan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method.

            Hasil Penelitian ini adalah pengungkapan human resources accounnting (HRA), tax planning dan kualitas audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, moderasi kualitas audit tidak mampu memperkuat pengaruh pangungkapan HRA terhadap nilai perusahaan. Moderasi kualitas audit mampu memperkuat pengaruh tax planning terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : pengungkapan HRA, tax planning, nilai perusahaan, kualitas audit.

Downloads

Published

2020-05-28