Sistem Pendukung Keputusan Cara Pemesanan Produk Pada Pizza Hut Komsen Bekasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Authors

  • Rosita Lilia Anjani Sistem Informasi; Universitas Nusa Mandiri
  • Anna Mukhayaroh Sistem Informasi; Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31599/jsrcs.v3i1.1036

Keywords:

AHP, Decision Support System, How to Order, Cara Pemesanan, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

For companies to expand various ways of ordering in order to increase sales, a decision support system is needed, because the general public still makes decisions that are subjective and not as expected. Without quantitative data to support the right decision-making process, determining how to order is not objective. The research uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) method which is a functional hierarchy decision support model. In the way of ordering products by consumers, the better the service and the types of orders provided by the restaurant will lead to satisfaction of consumers. The results of the study indicate that the most important criteria for choosing how to order products are the criteria for Product Quality of 42%, Promotion of 25%, Time of 17%, and Price of 15%. Furthermore, the order of alternative priorities for choosing the way to order products by consumers is the first, namely Aggregator by 33%, Take Away by 27%, Delivery and Application having the same weight of 20%.

 Keywords: AHP, Decision Support System, How to Order

 

Abstrak

Bagi perusahaan memperluas berbagai macam cara pemesanan agar bisa meningkatkan penjualan diperlukan suatu sistem pendukung keputusan, karena masyarakat umum masih mengambil keputusan yang bersifat subjektif dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tanpa adanya data kuantitatif penunjang proses pengambilan keputusan yang tepat, penentu cara pemesanan manjadi tidak objektif. Penelitian menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang merupakan suatu model pendukung keputusan hirarki fungsional. Pada cara pemesanan produk oleh konsumen semakin baik pelayanan dan jenis pemesanan yang diberikan oleh restoran akan timbul kepuasan terhadap konsumen. Hasil penelitian menujukan bahwa kriteria yang paling penting bagi pemilihan cara pemesanan produk yaitu kriteria Kualitas Produk sebesar 42%, Promosi sebesar 25%, Waktu sebesar 17%, dan Harga sebesar 15%. Selanjutnya urutan prioritas alternatif pemilihan cara pemesanan produk oleh konsumen yang pertama yaitu Aggregator sebesar 33%, Take Away sebesar 27%, Delivery dan Aplikasi memiliki bobot yang sama sebesar 20%.

Kata kunci: AHP, Cara Pemesanan, Sistem Pendukung Keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Anjani, R. L., & Mukhayaroh, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Cara Pemesanan Produk Pada Pizza Hut Komsen Bekasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 3(1), 17–28. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v3i1.1036

Issue

Section

Articles