Algoritma Apriori Untuk Pola Penjualan Pada Kedai Kopi Studi Kasus: Kedai Kopioko

Authors

  • Aryo Juliano Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rasim Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sugiyatno Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jsrcs.v3i1.1148

Keywords:

Apriori Algorithm, Association Rules, Sales Pattern, Aturan Asosiasi, Pola Penjualan

Abstract

Effective promotion can increase sales figures. One way is to identify market conditions, namely about consumer purchasing tastes, which can be observed through consumer purchase transaction data. In recent years, transaction data has been widely used as research material, which aims to build some new information related to sales patterns to help manage future business development. In this study, the a priori algorithm method was used to determine sales patterns. The results obtained from the experiments carried out that the application of data mining using yahoo a priori with the association rule method can run well and produce two association rules, by changing the minimum support and confidence parameters. After the experiment using the apriori algorithm, it was found that the combination of menu items that can be made for sales patterns or the development process uses the racist Kopioko package menu, potatoes with a value of 60.34%, and racist Kopioko, Agung with a value of 54.88

Keywords: Apriori Algorithm, Association Rules, Sales Pattern.

 

Abstrak

Dengan promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Salah satu cara ialah dengan mengidentifikasi kondisi pasar yaitu tentang selera pembelian konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian konsumen. Dalam beberapa tahun terakhir, data transaksi telah banyak digunakan sebagai bahan penelitian, yang bertujuan untuk membangun beberapa informasi baru terkait pola penjualan untuk membantu mengelola pengembangan bisnis di masa depan. Dalam penelitian ini digunakan metode algoritma apriori untuk  mengetahui pola penjualan.Hasil yang diperoleh dari uji coba yang dilakukan bahwa aplikasi implementasi data mining menggunakan algoritma apriori dengan metode association rule dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan dua aturan asosiasi, dengan merubah parameter minimum support dan confidence. Dari setelah dilakukan percobaan menggunakan algoritma apriori dapat disimpulkan bahwa kombinasi menu item yang dapat di buat untuk pola penjualan atau proses pengembangan promosi menggunakan menu paket Kopioko rasis, kentang dengan nilai confidence 60,34%, dan Kopioko rasis, regal dengan nilai confidence 54,88

Kata Kunci: Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi, Pola Penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Juliano, A., Rasim, & Sugiyatno. (2022). Algoritma Apriori Untuk Pola Penjualan Pada Kedai Kopi Studi Kasus: Kedai Kopioko. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v3i1.1148

Issue

Section

Articles