Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dari Bahan Bekas melalui Model Project Based Learning (PJBL) bagi Guru TK
DOI:
https://doi.org/10.31599/jstpm.v3i2.1710Keywords:
Media bahan bekas, PJBL, Guru TKAbstract
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru TK terkait dengan pembuatan media pembelajaran dari bahan bekas melalui model Project Based Learning (PJBL) di TK Wulele Sanggula II. Hal ini dikarenakan kurangnya inisiatif guru dalam memanfaatkan media bahan bekas yang ada di lingkungannya menjadi media pembelajaran yang inovatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran baik di dalam dan di luar kelas. Permasalahan tersebut muncul karena belum adanya pengetahuan mitra mengenai pemanfaatan media bahan bekas seperti gardus, botol aqua, tutup botol, dan lainya yang dapat diubah menjadi media pembelajaran. Selain itu juga mitra belum mengenal metode pembelajaran berbasis PJBL yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini agar pembelajaran tidak monoton. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode yang digunakan antara lain sosialisasi, praktek dan pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah (a) guru pada TK mitra memperoleh pengetahuan tentang media pembelajaran dari bahan bekas dan model pembelajaran berbasis PJBL; (b) guru pada TK mitra dapat menggunakan media pembelajaran dari bahan bekas dan model pembelajaran berbasis PJBLdalam proses pembelajaran anak; (c) guru pada TK mitra dapat merancang media pembelajaran bagi anak dengan memanfaatkan bahan bekas yang ada disekitar lingkungan.