AKSI SOSIAL DI INTERNET: PERAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER SEBAGAI AKTOR DALAM CROWDFUNDING DI MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Syahrul Hidayanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ainun Zakiah Tofani
  • Andini Putri Pratiwi
  • Shafa Rahmah
  • Dairaby Alfurqaan
  • Paskalis Christian

Kata Kunci:

Crowdfunding, Social Media Influencer, Media Sosial, Aksi Sosial, Penderma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran social media influencer sebagai aktor dalamcrowdfunding di media sosial. Penelitian ini penting karena dapat memberikan gambaran bagaimanasocial media influencer memobilisasi penggemarnya untuk terlibat dalam aksi sosial dan menyukseskan kampanye crowdfunding. Crowdfunding telah bertranformasi ke banyak bentuk salah satunya adalah melalui ptlafrom digital seperti situs web atau media sosial. Eksistensinya semakin diperkuat berkat pengaruh dari social media influencer yang memiliki basis penggemar yang besar. Penelitian ini menggunakan metode unobtrusive observation yang dilakukan secara virtual dan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga elemen penting yang dapat menentukan kesuksesan crowdfunding yaitu komunikasi visual, motivasi, serta kepercayaan dan transparansi. Crowdfunding dapat dikatakan sukses jika penggalang dana (fundraiser) sebagai aktor yang beperan dalam crowdfunding dapat memenuhi ketiga elemen tersebut. Dalam kasus penelitian ini, subjek penelitian yaitu social media influencer yang berperan sebagai penggalang dana mampu menjalankan perannya dengan baik. Media sosial secara maksimal dimanfaatkan sebagai tempat untuk membangun dan meningkatkan awareness kampanye crowdfunding lewat komunikasi visual,berinteraksi dengan penderma, dan sebagai tempat untuk memberikan informasi terbaru terkait realisasicrowdfunding.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aaker, J., & Akutsu, S. (2009). Why Do People Give? The Role of Identity in Giving. Journal of Consumer Psychology, 19, 267–270. https://doi.org/10.2139/ssrn.1418196

Agrawal, A., Catalini, C., & Goldfarb, A. (2013). The Simple Economics of Crowdfunding, Innovation Policy and the Economy. University Press.

Allison, T. H., Davis, B. C., Short, J. C., & Webb, J. W. (2015). Crowdfunding in a Prosocial Microlending Environment: Examining the Role of Intrinsic versus Extrinsic Cues. Entrepreneurship Theory and Practice, 39(1), 53–73. https://doi.org/10.1111/etap.12108

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-15

Terbitan

Bagian

Articles