Representasi Pemimpin Wanita Melalui Visual Branding @ElevateWoman

Penulis

  • Asima Oktavia Sitanggang Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Imaddudin

Kata Kunci:

represntasi, kepemimpinan wanita, visual branding, industri kreatif, analisis konten

Abstrak

Ekonomi kreatif menjadi angin segar sekaligus kendaraan besar bagi Indonesia untuk bangkit di masa pandemi Covid-19. Ekonomi kreatif mengutamakan kreativitas, pengetahuan dan ide sebagai aset produksi. Salah satu program peningkatan industri kreatif di media sosial yang dikembangkan oleh salah satu Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Putri Tandjung, adalah program @ElevateWoman. @ElevateWomen adalah program dengan tagline “Bring More Women into the Room” yang didukungoleh Northstar Group, mengundang pengusaha wanita di 10 sektor industri kreatif untuk mendaftar dan berkesempatan untuk melenggang mendapatkan investasi dari investor terpilih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi kepemimpinan wanita melalui visual branding pada program @ElevateWoman yang dipromosikan di Instagram dengan Putri Tandjung sebagai drafternya. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode semiotika sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan visual yang dominan di media sosial @ElevateWoman dengan warna pastel dan biru muda-ungu, ilustrasi sederhana yang menggabungkan gambar bunga dan wanita mewakili karakter khas wanita di industri kreatif yang setia dan gigih. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan wanita untuk membangun dan memelihara hubungan jangka panjang, kemampuan berkomunikasi secara efektif, kepekaan terhadap perbedaan budaya dan perilaku yang sesuai, kemampuan berorganisasi, dan perilaku yang tidak mengancam dan tidak agresif. Selain itu, peran Putri Tandjung sebagai influencer berdampak pada followers dalam program @ElevateWoman yang menguntungkan investor dari event Putri Tanjung (Entrepreneur dan CEO CXO CT Corp), Gita Wirjawan (Founder Ancora Group), Aldi Haryopratomo (Ex CEO Gopay dan Co-CEO). Founder Mapan), Setyanto Hantoro (CEO Telkomsel), Ajeng Sekar Putih (CFO BRI Ventures), dan Neneng Goenadi (Managing Director Grab Indonesia) serta mendukung popularitas dan personal branding Putri Tandjung sebagai wanita milenial, penggagas event dan pemerhati kesetaraan wanita di industri kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dang, Ly, VISUAL BRANDING: A GUIDE TO DESIGNING VISUAL IDENTITY Case: Plannr.eu. VAASAN AMMATTIKORKEAKOULU UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCES Bachelor of International Business. 2018

Indriati, Lisa, Instagram Visual Strategies: Key to Communicate Brand Value, Studi Kasus Instagram DKV Universitas Ciputra, Prosiding KOMA DKV 2020 – Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Diskursus Desain untuk Pengembangan Keilmuan Desain Komunikasi Visual, 2020.

Isfandiyary, Farah Hanum. The Aspect of Semiotics Using Brathes Theory on A Series of Unfortunate Events Movie Poster. 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-15

Terbitan

Bagian

Articles