PENGARUH TINDAK TUTUR DIREKTIF VLOGGER TERHADAP MINAT MENONTON (Studi Pada YouTube Crazy Nikmir Real)
Kata Kunci:
Tindak Tutur Direktif, Vlogger, Minat Menonton, Teori Social Judgement, YouTubeAbstrak
Abstrak
Artis Nikita Mirzani mempunyai saluran YouTube Crazy Nikmir Real, yang didirikan pada 13 Mei 2019 dan saat ini mempunyai lima juta pengikut. Penelitian ini mencoba mengkaji apakah tindak tutur Nikita Mirzani berpengaruh terhadap keinginan masyarakat untuk menonton. Penelitian ini memakai teknik survei dengan memakai metodologi kuantitatif. Penelitian ini memakai Teori Social Judgement. Data diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert 1 sampai 5. Data dianalisis memakai uji regresi linear sederhana. Pendekatan sampling yang dipakai dalam penelitian ini yakni convenience sampling. Uji validitas yang dipakai yakni dengan metode Kaiser-Meyer-Olkin (KMO). Uji reliabilitas memakai Cronbach’s Alpha dan teknik pengolahan data memakai SPSS. Hasil dari studi ini yakni tindak tutur direktif mempengaruhi minat menonton masyarakat.
Kata Kunci : Tindak Tutur Direktif, Vlogger, Minat Menonton, Teori Social Judgement, YouTube
Abstract
Artist Nikita Mirzani has the YouTube channel Crazy Nikmir Real, which was founded on May 13, 2019 and currently has five million followers. This study tries to examine whether Nikita Mirzani's speech acts influence people's desire to watch. This study used a survey technique using a quantitative methodology. This research uses Social Judgment Theory. Data were obtained from questionnaires and measured using a Likert scale of 1 to 5. Data were analyzed using a simple linear regression test. The sampling approach used in this study is convenience sampling. The validity test used is the Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) method. Reliability test using Cronbach's Alpha and data processing techniques using SPSS. The result of this study is that directive speech acts affect people's viewing interest.
Keywords: Directive Speech Acts, Vlogger, Viewing Interest, Social Judgment Theory, YouTube
Unduhan
Referensi
Akbar, S. (2018). Analisis Tindak Tutur Pada Wawancara Putra Nababan Dan Presiden Portugal.
Aulia, D., & Prasetyawati, H. (2021). Pengaruh Gaya Bicara Presenter Talkshow Hitam Putih Di Trans7 Terhadap Minat Menonton. Inter Script: Journal Of Creative Communication, Vol 3 No 2.
Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Pt. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Budiman, S. A. (2016). Tindak Tutur Ilokusi Direktif Dalam Komik Insekt Karya Sascha Hommer. Vol . 5 No.
Dirgantara, I. M. B., & Husna, R. (2018). Analisis Pengaruh Elektronik Word Of Mouth Di Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Sariayu. Diponegoro Journal Of Management, Vol 7 No 3, 95–109.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Edgerly, S., Gotlieb, M. R., & Vraga, E. K. (2016). “That Show Really Spoke To Me!”: The Effects Of Compatible Psychological Needs And Talk Show Host Style On Audience Activity. International Journal Of Communication.
Hadi, S. P. (2020). Analisis Dampak Gaya Komunikasi Juru Bicara Kpk Terhadap Persepsi Publik. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, Vol 5 No 1.
Hardiani, Y. (2019). Pengaruh Terpaan Video Instagram Stories Selebgram Reza Oktovian Terhadap Imitasi Gaya Bahasa Remaja (Studi Pada Siswa-Siswi Sman3 Bandar Lampung, Periode 2019) Bandar Lampung. Universitas Muhammadiyah Malang.
Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2 No.
Hyang, O. S. (2016). Bicara Itu Ada Seninya : Rahasia Komunikasi Yang Efektif. Bhuana Ilmu Populer.
Jumiartika, V., & Palalloi, H. (2015). Pengaruh Tayangan Talkshow “Sarah Sechan”Di Net. Tv Terhadap Minat Menonton (Studi Pada Mahasiswa Psikologi Unj Angkatan 2013). Volume 1.
Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2).
Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. Https://Doi.Org/10.20414/Tasamuh.V16i1.548
Kuncoro, A. M., Putri, A. O., & Pradita, Y. A. (2018). Vlogger Sebagai Saluran Menuju Generasi Milenial Produktif Indonesia. Sinergitas Quadruple Helix, 193–199.
Laksminy, L. P. (2020). Cross-Gender Inovativeness Of Using Code Switching In Indonesan Tv Talk Show. E-Journal Of Linguistics, 14(1), 57–70.
Littlejohn, S. W. (2005). Theories Of Human Communication (Ed. 8).
Maysarah, S. (2016). Pembawa Acara Dan Minat Penonton(Studi Korelasional Tentang Pengaruh Pembawa Acara Radio Show Tv One Terhadap Minat Menonton Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara). Flow.
Mirzani, N. (2019, May 13). Pemersatu Bangsa!!! Asli Gak Ada Yang Dipermak!!! Siapakah Dia???? Crazy Nikmir REAL. Retrieved May 28, 2022, from https://www.youtube.com/c/CrazyNikmirREAL
Nadie, L. (2018). Media Massa Dan Pasar Modal. Media Center.
Neuman, L. (2014). Basics Of Social Research : Qualitation & Quantitative Approaches (Third). Pearson Education Limited.
Nurudin. (2015). Pengantar Komunikasi Massa (7th Ed.). Rajawali Pers.
Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Penerbit Deepublish.
Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi : Komunikasi Sebagai Kegiatan Komunikasi Sebagai Ilmu (1st Ed.). Prenamedia Group (Divisi Kencana).
Permatasari, S. N., & Yulia, M. F. (2013). An Analysis On The Language Style Of The Utterances In Magnum Advertisements. Language And Language Teaching Journal, 16(01), 31–40.
Pradyanti, A., Siti, N., & Hidayah, E. (2018). Etika Dalam Program Hiburan Televisi : Analisis Program Hiburan Waktu Indonesia Bercanda Net Tv. 1(2), 91–102. Https://Jurnal.Polibatam.Ac.Id/Index.Php/Deca/Article/View/792/562
Prasetyo, K., Basoeki, B., & Arrunadi, A. Y. (2019). Pengaruh Gaya Komunikasi Presenter Talkshow “Rumpi No Secret” Di Trans Tv Terhadap Audience Satisfaction. Jurnal Visi Komunikasi, Volume 18.
Raharja, R., Mahsun, & Sukri. (2022). Kesantunan Tindak Tutur Direktif Artis Nikita Mirzani Dalam Channel Youtube Crazy Nikmir Real (Konten:Pemersatu Bangsa Dengan Narasumber Selebgram Anastasyakh). Vol 8 No 2.
Raharjo, T. W. (2020). Respon Terhadap Merk Sebab Pengaruh Gangguan Penayangan Iklan Di Youtube. Cv. Jakad Media Publishing.
Ramadhan, B. D. (2018). Speech Style Of Sophie Deveroux In Tv Series “Leverage.” Language Horizon, Vol 6 No 1.
Rohmadi, M. (2004). Pragmatik: Teori Dan Analisis (Cet. 1). Lingkar Media.
Sari, F. D. P. (2017). Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif Dalam Acara Galau Nite Di Metro Tv: Suatu Kajian Pragmatik. Vol. 1, No.
Searle, J. R. (1969). Speech Acts: An Essay In The Philosophy Of Language. Cambridge University Press.
Sependi, A., Firdaus, D. R. S., & Kusumaningtias, I. T. (2020). Pengaruh Gaya Bahasa Penyiar Terhadap Rating Radio Sinar Mega Swara Fm ( Sms ). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 2(1), 75–85.
Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Vraga, E. K., Edgerly, S., Bode, L., Carr, D. J., Bard, M., Johnson, C. N., Kim, Y. M., & Shah, D. V. (2012). The Correspondent, The Comic, And The Combatant: The Consequences Of Host Style In Political Talk Shows. Journalism And Mass Communication Quarter