Pemanfaatan Fitur Instagram Hashtag (#) di Era Konvergensi
Kata Kunci:
Kata Kunci: Pemanfaatan, Instagram, Hashtag, KonvergensiAbstrak
Hashtag merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh semua media sosial yang ada di Indonesia termasuk Instagram. Pengguna memanfaatkannya secara berbeda mengingat bahwa Instagram mempunyai keunggulan visual. Berdasarkan hal tersebut, penulis membahas tentang bagaimana pengguna Instagram memanfaatkan fitur hashtag tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengguna tidak hanya memanfaatkan hashtag sesuai karakteristik dasarnya yaitu mengelompokkan topik sesuai kata kunci, tetapi juga menunjukkan identitas virtual yang dibangun dalam Instagram yang mungkin berbeda dari karakteristik pengguna di dunia nyata. Pengguna menggunakan hashtagtersebut secara konsisten agar mendapatkan perhatian pengguna lainnya serta sebagai pemandu dalam menemukan pengguna lain yang mempunyai ketertarikan yang sama terhadap identitas virtual yang telah dibentuk.
Unduhan
Referensi
Maclay, G. R. (1990). The Social Organism a Short History of the Idea That a Human Society May Be Regarded as a Gigantic Living Creature. U.S.: North River Press.
Widi, S. (2023, February 23). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna- media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Anindya, W. D., & Rondang, V. N. (2021). Bentuk Kata Ragam Bahasa Gaul di Kalangan Pengguna Media Sosial Instagram. Prasasti, Journal of Linguistics (PJL), 6(1).
Kemp, S. (2023, February 9). DIGITAL 2023: INDONESIA. Retrieved from datareportal: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia