PENGARUH YOUTUBE BEAUTY VLOGGER SUHAY SALIM TERHADAP PERILAKU IMITASI SISWI SMKN 20 JAKARTA

Penulis

  • zahra safira Stikom Interstudi
  • Anindita Lintangdesi Afriani

Kata Kunci:

Beauty Vlogger, Youtube, Terpaan Media, Perilaku Imitasi

Abstrak

Media baru yang berbasis internet membuat media komunikasi, informasi dan hiburan yang mudah digunakan oleh masyarakat. Adapun alasan penggunaan internet banyak dipakai untuk sosial media diambil dari data APJII yaitu berjumlah sebesar 18,9% media yang paling banyak dipakai untuk melacak informasi adalah media YouTube. Kegiatan yang dapat dilakukan, diantaranya mengunduh music, menonton film, melihat entertainment, membaca buletin, bermain game dan lainya. Salah satu media baru yang paling sering digunakan yaitu YouTube. YouTube memungkinkan penggunanya meng- upload video blog atau vlog yang (isi dengan konten yang bisa di-upload di YT). Muncul fenomena yang diminati para wanita adalah Beauty Vlogger. Munculnya Beauty Vlogger membuat make up kini menjadi konsumsi publik terutama kaum wanita mulai dari remaja hingga dewasa. Tujuan dari observasi ini ialah untuk melihat pengaruh beauty vlogger terhadap terhadap perilaku imitasi, pengaruh terpaan media terhadap perilaku imitasi pengaruh beauty vlogger dan terpaan media terhadap perilaku imitasi pada siswi SMKN 20 Jakarta. Metode observasi ini memakai pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 105 sampel siswi SMKN 20 Jakarta selama satu bulan di bulan Februari 2021. Hasilnya ialah: 1) Beauty vlogger tidak ada pengaruh yang relevan terhadap perilaku imitasi; 2) Terpaan media berpengaruh signifikan terhadap perilaku imitasi; 3) Beauty vlogger dan terpaan media berpengaruh signifikan terhadap perilaku imitasi.
Kata Kunci: Beauty Vlogger, Youtube , Terpaan Media , Perilaku Imitasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A Shimp, Terence. (2007). Periklanan Promosi ( Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) (Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Adelina, Ayu;. (2018, 12 6). Kumparan. Diambil kembali dari The Shonet: https://kumparan.com/the-shonet/4-hal-ini-buktikan-suhay-salim-bukanlah-beauty-vlogger-biasa-apa-saja-1544100996183578936/full

Aprillia, N. H. P., & Listiani, E. (2019). Pengaruh Drama Korea Terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Prosiding Manajemen Komunukasi, 5(2), 340–350. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16672/pdf

Ardianto, Elvinaro, Komala & Karlinah. (2014). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar.

Astuti, Menik Purwandari. (2011). Hubungan Antara Fanatisme Terhadap Tokoh Idola Dengan Imitasi Pada Remaja.

Bandura, A. (2019). Social learning: Theory. In Encyclopedia of Animal Behavior. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-813251-7.00057-2

Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Choi; Morawitz Behm. (2017). Giving A New Makeover To STEAM: Establishing Youtube Beauty Gurus As Digital Literacy Educators Through Messagges And Effects On Viewers. Computer Science, Psychology.

David Ruthelllia Eribka, Sondakh Mariam, H. S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Komunikasi Ilmu Sosial Dan Politik, VI(1), 18.

Effendy. (2006). Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.

Elvinaro, A; Erdinaya, Lukiati K. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elvinaro, A; Karlinah, S; Lukiati, K. (2014). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Emsa, P. N. H. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger Tasya Farasya Di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Feist, J., Feist, G. J., & Feist, J. (2018). Theories of Theories of Personality.

Fischer. (2014). Make up, Youtube and Ameteur Media in the Twenty First Century Universitas of Calgary. 4.

Greidina, L. N. and K. R. Y. (2013). Communicating Through the Universe.

Hutapea. (2016). Beauty Vlogger dan Brand Image (Survei Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Endorser Terhadap Brand Image Produk The Body Shop).

Kartika, W. A. (2019). STUDI KORELASI ANTARA KUALITAS KONTEN, DAYA TARIK KONTEN DAN TERPAAN TAYANGAN VIDEO BLOG PADA AKUN BEAUTY BLOGGER ABEL CANTIKA DI YOUTUBE DENGAN PERILAKU IMITASI SISWI DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. Komunikasi, 11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kusuma, N. N. (2014). Hubungan Celebrity Worship Terhadap Idola K-Pop (Korean Pop) Dengan Perilaku Imitasi Pada Remaja. 15.

Lestari, A. (2017). Efek Tayangan Indo Beauty Vlogger Di Situs Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswi [Islam Negeri (Syarif Hidayatullah Jakarta)]. In ثبثبثب (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173

McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Mutiara, M. C., & Rahmiaji, L. R. (2018). PENGARUH TERPAAN BEAUTY VLOG DI YOUTUBE DAN TINGKAT PENGETAHUAN BAHAYA MAKE UP TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN MAKE UP PADA ANAK. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1.

Pratiwi, U. A. (2017). Video Blog dan Perilaku Imitasi ( Terpaan Video Blog Make Up Tutorial di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswi Universitas Sumatera Utara). Public Relation.

Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi Perilaku: Alternatif Penangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rizal (2019, 04 15). media sosial ini paling banyak digunakan oleh orang indonesia. Diambil kembali dari Brilio: https://www.brilio.net/creator/10-media-sosial-ini-paling-banyak-digunakan-oleh-orang-indonesia-e5e00f.html/

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., Purwaka, & Tjahjono, P. E. (2019). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu) Fransiska. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 81–91.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2017). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sella, P. Y. (2013). Analisa Perilaku Imitasi Dikalangan Remaja Setelah Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Indosiar ( Studi Kasus Perumahan Pondok Karya Lestari Sei Kapih Samarinda ). EJournal Ilmu Komunikasi, 1(3), 66–80.

Simatupang, Y. A. (2018). Pengaruh Tutorial Kecantikan Di Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Wanita. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sinaga, R. E. M., & Kusumawati, A. (2018). PENGARUH YOUTUBE BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 63(1), 187–196. www.pixability.com

Sokol, E. (2017). The World Of Beauty Vloggers On YouTube. In Master Thesis, Master Media Studies - Media & Business.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D (Vol. 14). Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sujarweni, V Wiratna;. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V Wiratna;. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syam, Nina Winangsih. (2012). Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tamburaka, A. (2012). Agenda Setting Media Massa. Bandung: Rajawali Pers.

Tang, M. (2016). Effects of vlogger race on perceived credibility, self-efficacy and behavioral intentions towards weight loss. ProQuest Dissertations and Theses, 99. https://search.proquest.com/docview/1823614170?accountid=14510%250Ahttp://hz7fp2gl5k.search.serialssolutions.com/directLink?&atitle=Effects+of+vlogger+race+on+perceived+credibility%252C+self-efficacy+and+behavioral+intentions+towards+weight+loss&author=Tang%252

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan opimalisasi media sosial untuk kementerian perdagangan RI. Jakarta: Pusat humas kementerian perdagangan RI.

Ulber, Silalahi. (2012). Metode Penelitian Sosial (Vol. 3). Bandung: Refika Aditama.

Widodo, Wulan Deasy Puspita Sari; Mawardi, M. kholi. (2017). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Source Characteristics Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 47(1), 63–69.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-22

Terbitan

Bagian

Articles