Penggunaan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Komunikasi dan Informasi di Kalangan Remaja

(Studi Deskriptif pada Remaja di Alamanda Regency Blok M.5 RT 005/027)

Penulis

  • Annisa Eka Syafrina
  • Muhammad Rifai Alfarisi

Kata Kunci:

Facebook, komunikasi, media baru, remaja, sumber informasi

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan media baru dalam proses interaksi dan komunikasi yang kemudian dimanfaatkan manusia di berbagai bidang. Saat ini, era media komunikasi interaktif membawa kita pada pengenalan terhadap dunia internet dengan berbagai program menarik yang disediakan, salah satunya adalah Facebook.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial Facebook sebagai sumber informasi di kalangan remaja. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, peneliti melakukan wawancara kepada informan yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja menggunakan media sosial Facebook untuk mendapatkan sumber informasi berdasarkan fakta.Di sisi lain, Facebook dijadikan sebagai platform sharingpengalaman ataupun hobi bagi remaja. Fitur-fitur yang canggih dalam Facebook seperti fitur marketplace, permainan, dan lain-lain menjadi daya tarik untuk tetap menggunakan Facebook. Selain itu juga Facebook dianggap remaja sebagai platform hiburan yang dapat menghilangkan jenuh di waktu luang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, Iip M. (2021). "Pengguna Facebook Indonesia dalam Bingkai Statistik." goodnewsfromindonesia.id, 30 Oktober 2021, https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/10/30/pengguna-Facebook-indonesia-dalam-bingkai-statistik.

Alfirahmi. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0 ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. Jurnal Lugas 3(1), 24-32.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications.

Mokalu, Juniver V., Norma N. Mewengkang, dan Joane P.M Tangkudung. (2016). Dampak Teknologi Smartphone Terhadap Perilaku Orang Tua di Desa Touure Kecamatan Tompaso. Jurnal "Acta Diurna", V(1), 1-9.

Nawawi, Hadari dan Mini Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-10

Terbitan

Bagian

Articles