Pola Komunikasi Antara Pelatih dan Atlet U-13 Always Futsal Klub Sebelum dan Saat Pertandingan

Penulis

  • Jodie Pratama Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Saeful Mujab
  • Ratna Puspita

Kata Kunci:

pola komunikasi, pelatih, atlet, futsal klub

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan pola komunikasi antara pelatih dan atlet u-13 always futsal klub sebelum dan saat pertandingan. Pelatih dalam memberikan informasi atau instruksi kepada para pemain, pasti memiliki gangguan-gangguan yang bisa menghambat komunikasi yang dilakukan pelatih kepada pemain, dan begitu juga komunikasi pemain kepada pelatih. Dalam kesuksesan sebuah klub futsal dibutuhkan adanya komunikasi yang dilakukan antara pelatih dan atlet. Sehingga dibutuhkan pola komunikasi yang baik antara pelatih dan atlet. Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, pola komunikasi yang dilakukan pelatih dan atlet u-13 always futsal klub menggunakan konsep pola komunikasi menurut Pace dan Faules yaitu, Pola komunikasi adalah bagaimana kebiasaan dari suatu kelompok untuk berinteraksi, bertukar informasi. Pola komunikasi juga dapat dikatakan sebagai cara seseorang atau kelompok berinteraksi dengan menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati sebelumnya. Pola komunikasi yang dilakukan pelatih dan atlet u-13 always futsal klub adalah, pola komunikasi ketika pertandingan, dan pola komunikasi di luar pertandingan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Devito, J. A. (2012). The Interpersonal Communication Book. In J. Rakhmat, Psikologi Komunikasi (p. 39). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dian Wisnuwardhani, S. F. (2012). Hubungan Antarpribadi. Jakarta: Salemba Humanika.

Kurniawati, R. N. (2014). Komunikasi Antapersonal Konsep dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Mulyana, D. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2004). Ilmu Komunikasi : Suatu Penghantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-10

Terbitan

Bagian

Articles