Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM <p align="justify"><strong>Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan</strong>&nbsp;<strong>(KOMASKAM)</strong> adalah forum antar disiplin ilmu yang akan mengeksplorasi berbagai fenomena komunikasi, masyarakat, dan keamanan dalam perspektif ilmu komunikasi. Jurnal KOMASKAM akan menerbitkan hasil penelitian dan analisis mutakhir/terbaru yang menekankan pada analisis filosofis, evaluatif, empiris, historis, dan kritis dalam hubungan antara komunikasi, masyarakat, dan keamanan.&nbsp;<strong>Jurnal KOMASKAM</strong>&nbsp; berkomitmen untuk menyuguhkan berbagai hasil penelitian terkini tentang studi komunikasi, masyarakat, dan keamanan. Hal ini tentu akan memberikan informasi terbaru kepada pembaca dan juga editor dalam konteks ilmu komunikasi dari berbagai perspektif. <strong>Jurnal KOMASKAM</strong> terbit secara online mulai edisi Vol. 1, No. 1, <strong>Maret 2019</strong> melalui SK no. 0005.26566125/JI.3.1/SK.ISSN/2019.03 dari LIPI. Dikelola oleh <strong>Fakultas Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya</strong> (FIKOM UBHARAJAYA) dan diterbitkan oleh <strong>Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi</strong> (LPPMP UBHARAJAYA) Dalam menjamin berlangsungnya penerbitan <strong>Jurnal KOMASKAM,</strong> sumbangan tulisan dan atau resensi serta referensi buku-buku ilmiah sangat dihargai. Karangan ilmiah dan tinjauan buku-buku yang diterbitkan, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. <strong>Jurnal KOMASKAM</strong> terbit secara konsisten pada Maret dan Oktober setiap tahunnya. E-ISSN: 2656-6125.&nbsp;</p> id-ID annisa.eka@dsn.ubharajaya.ac.id (Annisa Eka Syafrina) imaddudin@dsn.ubharajaya.ac.id (Imaddudin) Fri, 14 Oct 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Komunikasi Penjual Kepada Pembeli https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/1577 <p>Pasar tradisional sebagai pusat kegiatan ekonomi, tempat bertemunya penjual dan pembeli. Selain sebagai tempat transaksi jual beli, keberadaan pasar tradisional juga sebagai media komunikasi antara warga masyarakat yang bermukim di sekitar pasar. Pasar menjadi wadah, media komunikasi yang menghubungkan komunikasi antar manusia di suatu daerah. Penjual akan selalu berusaha menawarkan barang yang dijualnya kepada konsumen. Berbagai cara dan gaya komunikasi dilakukan, agar menarik perhatian konsumen, dan barang yang dijual habis laku dibeli oleh pembeli. Bagaimana penjual berusaha untuk tidak hanya sekedar menjual barang dagangannya, tetapi juga berusaha menimbulkan hubungan yang baik dan positif, antara penjual dan pembeli. Dalam setiap interaksi yang terjadi di pasar, akan selalu dapat dilihat dari berbagai ruang lingkup komunikasi dan juga pola komunikasi. Pada tahun 2022, dimana digitalisasi sudah merambah pada berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia perniagaan. Peneliti ingin melihat dan mengetahui, bagaimana ruang lingkup dan pola komunikasi dari penjual kepada pembeli di Pasar Ujungberung, Kota Bandung.</p> Duane Masaji Raharja Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/1577 Fri, 14 Oct 2022 00:00:00 +0000 PENGGUNAAN PODCAST SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/1680 <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan podcast sebagai media informasi di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, peneliti melakukan wawancara kepada informan yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan media Podcast sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Sama seperti media lain, penggunaan podcast membawa dampak positif dan negatif bagi penggunanya. namun mahasiswa harus tetap dapat memilah informasi yang akan diserap dari penggunaan podcast.</p> </div> </div> </div> Annisa Eka Syafrina Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/1680 Fri, 14 Oct 2022 00:00:00 +0000