Membangun Hubungan Komisi Yudisial Dengan Mahkamah Agung Yang Ideal

Authors

  • Juanda Fakultas Hukum, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ogiandhafiz Juanda Fakultas Hukum, Universitas Nasional Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31599/sasana.v7i2.870

Keywords:

Membangun, Hubungan, Komisi yudisial , Mahkamah Agung

Abstract

Fenomena hubungan antar KY dan MA mengalami pasang surut dan masih mengalami banyak salah tafsir dan belum ada paradigma yang sama sehingga jika dibiarkan bisa berdampak luas terhadap penegakan hukum dan keadilan dalam sistem peradilan di Indonesia. Banyak aspek yang perlu dibangun minimal membangun paradigma, mengevaluasi bebrbagai tugas dan wewenang masing-masing agar menghasilkan hubungan yang harmonis dan sinergitas yang kuat. Berdasarkan problematika hubungan kedua lembaga negara  tersebut, penulis  tertarik untuk mengkaji dan  membahas tentang “ Membangun hubungan Komisi Yudisial dengan Mahkamah Agung yang Ideal”. Untuk mengkaji dan  membahas lebih mendasar dan mendalam tentang hal tersebut penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut “Bagaimana upaya membangun hubungan yang ideal antara Komisi Yudisial dengan Mahkamah Agung ? Metode yang digunakan sesuai dengan jenis penelitian yaitu yuridis normatif, dengan menggunakan bahan-bahan hukum primer dan sekunder, sedangkan analisis yang digunakan analisis yuridis kualitatif. Kesimpulanya adalah paradigma hubungan yang harus dibangun antara KY dan MA adalah paradigma kesetaraan, sistemik, profesionalitas dan proporsionalitas. Upaya yang dilakukan adalah memperkuat komunikasi, kordinasi  dan mengkaji serta mengevaluasi berbagai hambatan dan kelemahan mengenai kedudukan, fungsi dan wewenang antara kedua lembaga negara tersebut dengan melibatkan para ahli atau tokoh tokoh bangsa yang netral. Termasuk membenahi dari aspek perarturan peundang-undangannnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku-Buku

Ahmad, Dalam Eka N.A.M Sihombing dan Ali Marwan Hsb (editor), Paradigma Hukum ,Ketatanegaraan Indonesia Dalam rangka Hari Ualng Tahun ke-90 Prof.dr.M. solly Lubis, SH. Enam Media, 2020.

Lili Rasjidi, Dalam Sri Rahayu oktoberina dan Niken Savitri (penyunting), Butir-Butir Pemikiran dalam Hukum, Memperingati 70 Tahun Prof.Dr.B.Arief Sidharta, Refika Aditama, Bandung, 2008,

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Negara republik Indonesia tahun 1945

Undang-Undang Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2011 tentang Komisi Yudisial

Undang-Undang nomor 3 tahun 2009 tentang Mahkamah Agung

Internet

https://www.komisiyudisial.go.id/frontend/news_detail/60/aidul-sukma-pimpin- ky, dikutip tanggal 14 Mei 2020 pukul 21.38.

https://komisiyudisial.go.id/frontend/news_detail/396/hubungan-ky-dan-ma-adalah-dinamika-lembaga, pukul 9.44 Wib.tanggal 6 Desember 2021.

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-paradigma/pukul 10.48. tanggal 6 Desember 2021.

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Juanda, & Ogiandhafiz Juanda. (2021). Membangun Hubungan Komisi Yudisial Dengan Mahkamah Agung Yang Ideal. Jurnal Hukum Sasana, 7(2), 345–356. https://doi.org/10.31599/sasana.v7i2.870