Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web Studi Kasus Pada Toko Toys Amanah

Authors

  • Fajar Noviandri Fajar Noviandri Universitas Bung Karno
  • Fauziyah Fauziyah
  • Alexius Ulan Bani Alexius Ulan Bani
  • Joseph Joseph

DOI:

https://doi.org/10.31599/jaringsaintek.v4i2.1039

Keywords:

PHP, Point Of Sale, UML, Sistem Informasi, Program Kasir

Abstract

Toys Amanah merupakan toko keluarga yang terletak di Jl. Kemandoran Pekayon RT 04/RW 023 Kelurahan Pekayon Jaya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. Toko ini menjual berbagai macam mainan serta perlengkapan alat tulis kantor. Didalam proses bisnisnya toko ini masih melakukan kegiatan transaksi penjualan secara manual dengan menggunakan bon dan buku catatan untuk perekapan data penjualan serta pendataan barang. Oleh karena itu, dalam proses transaksi sering terjadi kesalahan dalam menghitung jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan dan dibutuhkan banyaknya waktu untuk melakukan perekapan laporan serta sering terjadi kesalahan data persediaan barang yang mengakibatkan tidak sesuainya antara data stok persediaan barang dan fisik barang tersebut. Permasalahan selanjutnya yaitu toko ingin memberi diskon kepada pelanggan yang sering datang dalam rangka untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi belum adanya sistem yang dapat mendata pelanggan setia. Dalam mendefinisikan kebutuhan dan analisa serta perancangan sistem untuk perusahaan dibutuhkan metode pengumpulan data dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, perancangan, implementasi, dan pengujian. Untuk metode analisa dan konsep sistem informasi ini digunakan model unified modelling language (UML). Hasil dari penulisan skripsi ini akan dibangunnya sistem informasi berbasis web yang diharapkan mampu menghadapi permasalahan yang ada pada toko tersebut. Sistem informasi ini dibuat dengan memakai bahasa pemrograman PHP, database MySql. Dengan adanya sistem informasi point of sale ini maka dapat menangani keluhan yang dialami pihak toko pada proses sistem berjalan. Seperti adanya kesalahan dalam proses transaksi penjualan dan pendataan barang serta lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses laporan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fatta, Hanif 2011. Analisis Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: CV.Andi Ofset.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Agus Eka, Pratama. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., 2012. Retailing Management Information Center. New York: McGraw-Hill Higher Education.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Permana, S.D.H., Faisal, 2015. Analisis dan Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol. 2, No. 1, April 2015, hlm. 20-28.

Rizky, Soetam, 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Published

2022-10-31