Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Minat Konsumen Gas LPG Pada Pangkalan Sudiawati

Penulis

  • Annisa Wulandari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tri Dharma Putra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dwi Budi Srisulistiowati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Kata Kunci:

Clustering, Data Mining, K-Means, LPG Gas

Abstrak

Pangkalan Sudiawati adalah salah satu Toko yang bergerak dalam bidang penjualan produk Gas LPG yang berdomisili di Harapan Indah, Bekasi Utara. Barang-barang yang dijual di Pangkalan Sudiawati adalah Gas LPG 3 Kg dan 12 Kg. Permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan salah satu teknik dalam data mining yaitu algoritma K-Means Clustering. Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu Pangkalan Sudiawati dalam penjualan pada gas LPG 3 Kg dan 12 Kg kepada konsumen, untuk membuat pengelompokan data penjualannya agar dapat memaksimalkan manajemen stoknya. Data diolah dengan perhitungan manual menggunakan algoritma K-Means dan menggunakan Software Microsoft Excel 2019. Hasil ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan manajemen stok dan strategi penjualannya di Pangkalan Sudiawati.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Wulandari, A., Putra, T. D., & Srisulistiowati, D. B. (2022). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Minat Konsumen Gas LPG Pada Pangkalan Sudiawati. Journal of Informatic and Information Security, 3(1), 35–48. Diambil dari http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jiforty/article/view/1235

Terbitan

Bagian

Artikel