Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi

Authors

  • Herlawati Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fata Nidaul Khasanah Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rafika Sari https://orcid.org/0000-0002-8433-2605

DOI:

https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.1557

Keywords:

media interaktif, mentimeter, merdeka belajar, pembelajaran daring

Abstract

Guru sebagai fasilitator bukan hanya sebagai pendidik dan pengajar saja pada abad 21 ini. Guru dituntut mempunyai kemampuan lebih dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus mampu memadukan pembelajaran, konteks yang bermakna dan harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengakses materi pembelajaran setiap saat dan memberikan penilaian formatif yang adil, salah satunya dengan menggunakan konsep gamifikasi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, perlu adanya kegiatan pembelajaran interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring. Salah satunya menggunakan aplikasi Mentimeter, yang merupakan aplikasi berbasis website yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan survey dalam suatu kegiatan seminar atau pembelajaran. Metode pelaksanaan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari koordinasi dengan pihak mitra untuk mendiskusikan tentang banyaknya peserta, dan tanggal pelaksanaan, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan menggunakan aplikasi daring dan bagian akhir melakukan koordinasi dengan mitra terkait pelaporan dari kegiatan pengabdian ini. Mitra dari kegiatan ini adalah SMA Negeri 14 Kota Bekasi. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini pihak mitra dapat memahami mengenai aplikasi Mentimeter dan mengetahui bagaimana membuat media interaktif dalam proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Mentimeter sebagai upaya mewujudkan program pemerintah merdeka belajar.

Author Biography

Rafika Sari

Computational Science

Physics

Computational of Physics

References

Bielinis, L. (n.d.). WHY DO YOU WANT ME TO LEARN CONNECTIVELY BUT TEST ME INDIVIDUALLY? SOCIALLY EMBEDDED LEARNING AT THE UNIVERSITY. I, 39–56. https://doi.org/10.17770/sie2018vol1.3245

Gokbulut, B. (2020). The effect of Mentimeter and Kahoot applications on university students’ e-learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(2), 107. https://doi.org/10.18844/wjet.v12i2.4814

Mahmashony, S. (2018). Optimalisasi Pengajaran Aqidah dengan Google Classroom dan Interactive Mentimeter pada Prodi Farmasi FMIPA UII. Journal of Information and Computer Technology Education.

menti.com. (n.d.). Join a presentation - Mentimeter. Retrieved January 2, 2021, from https://www.menti.com/

mentimeter.com. (2020). Interactive presentation software - Mentimeter. https://www.mentimeter.com/

mnctrijaya.com. (n.d.). Pengabdian Masyarakat, Ubhara Jaya Gelar Pelatihan Mentimeter Online | Mnctrijaya.com. Retrieved January 2, 2021, from https://mnctrijaya.com/news/detail/38614/pengabdian-masyarakat-ubhara-jaya-gelar-pelatihan-mentimeter-online

Razif, C. (2018). No Title. https://cikgusiber.com/strategi-guna-mentimeter/

Sampurno, A. (2018). 5 Cara Gampang Menerapkan Pembelajaran Abad 21 Di Kelas Anda.

Skoyles, A., & Bloxsidge, E. (2017). Have You Voted? Teaching OSCOLA with Mentimeter. Legal Information Management, 17. https://heinonline.org/HOL/Page?handle=hein.journals/leginfom17&id=254&div=&collection=

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Herlawati, Khasanah, F. N. ., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.1557