Pelatihan Pembuatan Toko Online Untuk Staf dan Akademisi Ubhara Jaya

Authors

  • R. Wisnu Prio Pamungkas Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ahmad Fathurrozi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Prio Kustanto Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andy Achmad Hendharsetiawan Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.1559

Keywords:

toko online, ubharajaya, akademisi

Abstract

Era industri 4.0 dimana era adanya disrupsi ekonomi dimana dapat menggerus sistem-sistem pasar yang selama ini telah berjalan secara tradisional, fenomena toko-toko atau pasar-pasar menjadi sepi pengunjung dengan banyaknya bermunculan toko-toko online menyebabkan para pelaku penjual di toko harus mau tidak mau beralih dari toko fisik menjadi toko digital. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bisa dimulai dari individu atau perorangan. Juga tidak kalah penting adalah kegiatan di dunia pendidikan, karena tidak terkecuali permasalahan pandemi ini berimbas pada Perguruan Tinggi. Bagi individu pelaku bisnis, dalam hal ini adalah yang mau berkembang untuk dapat prioritas dalam edukasi serta pendampingan. Penyelenggaraan dapat diadakan di Fakultas ataupun ruang aula Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya), kampus Bekasi dengan materi mencakup perencanaan pembuatan toko online, registrasi ke channel toko online atau ke market place untuk membuka toko online. Materi yang akan disajikan ini dibuat sederhana namun dapat dipahami oleh semua yang hadir dari akademisi hingga staff universitas, dan yang pasti harus mudah dipraktekkan dalam usahanya. Harapan ke depan dengan adanya pelatihan ini diharapkan munculnya toko-toko online dari para individu atau perorangan. Sehingga kebutuhan masyarakat akan dapat dipenuhi oleh toko online ini. Bahkan jika masingmasing staff dan akademisi akan berkembang maka hasil-hasilnya akan dapat dipasarkan dieksport sampai manca negara melalui toko online.

References

Endriastuti, Annysa; Putri Permatasari, Maurisia, Pelatihan Pemasaran. (2018). Pemberdayaan Toko Online, MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Hapsoro, Bayu Bagas, Palupiningdyah, Achmad S. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120

Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Pembangunan Nasional. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, Vol 3(1), 63–89.

Sakti, N. W. (2014). Buku Pintar Pajak E-Commerce. Jakarta: Visimedia.

Suharto, Mohamad; Tri Ardhianto, Tri D; Ismail, Irfan; Prameswari, Nadia S. (2017), Pelatihan Pengelolaan Website Toko Online Bagi Umkm Di Kawasan Pasar Tradisional Klewer Surakarta Sebagai Strategi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea), Demandia, Vol. 2 No. 2.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Pamungkas, R. W. P., Fathurrozi, A., Kustanto, P., & Hendharsetiawan, A. A. . (2021). Pelatihan Pembuatan Toko Online Untuk Staf dan Akademisi Ubhara Jaya. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 60–70. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.1559