Pelatihan Microsoft Powerpoint bagi Pengurus dan Staf Pengajar TPQ Nurul Jihad Tanjung Priuk
DOI:
https://doi.org/10.31599/jucosco.v3i1.1594Keywords:
pelatihan, media pembelajaran, microsoft powerpointAbstract
Di era saat ini, hampir semua pembelajaran membutuhkan penggunaan aplikasi komputer. Perkembangan teknologi khususnya aplikasi komputer saat ini membantu dalam pembuatan bahan ajar, agar dalam pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan minat yang baru terhadap peserta didik. Salah satunya pembuatan materi ajar di TPQ Nurul Jihad yang membutuhkan aplikasi yang mendukung agar pembelajaran yang ditampilkan dapat dimengerti karena saat ini beberapa bahan ajar yang ditampilkan masih dengan metode konvesional, penggunaan aplikasi Microsoft Powerpoint pada pembuatan bahan pengajaran TPQ masih belum maksimal digunakan dikarenakan beberapa tenaga pendidik TPQ masih belum mengerti penggunaan dari aplikasi yang digunakan, sehingga pengabdi membuat pelatihan Microsoft Powerpoint. Hal ini bertujuan agar tenaga pendidik lebih mengenal pemanfaatan dari aplikasi Microsoft Powerpoint untuk keperluan presentasi. Metode yang digunakan dalam memberikan edukasi mengenai penggunaan Microsoft Powerpoint ini adalah ceramah untuk memberikan penjelasan mengenai teori dan simulasi, tanya jawab serta tes evaluasi untuk metode praktikumnya. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menyatakan bahwa awal dari pertemuan tenaga pendidik memiliki beberapa kendala dalam memindahkan dan mengubah ukuran text box serta shape karena belum terbiasa menggunakan keypad laptop. Akan tetapi, setelah dibimbing oleh tim pengabdi, kendala tersebut berhasil diminimalisir sampai pada akhirnya tenaga pendidik mampu bekerja dengan text dan shape. Dari respon para peserta dapat dikatakan bahwa pengabdian ini berjalan sesuai target.
References
Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(2), 175–195.
al Faruq, U. (2015). RANCANG BANGUN APLIKASI REKAM MEDIS POLIKLINIK UNIVERSITAS TRILOGI (Vol. 9, Issue 1).
Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi. Jurna Al-Ta’dib, 9(1), 21–37.
Bharata, W., Sanjaya, A., Komala, S., Maulana Pratama, S., Izharul Laily Salam, M., Himawan Sandy, K., & Diterima, N. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Microsoft Powerpoint Bagi Pelajar Graphic Design Training Using Microsoft Powerpoint For Students (Vol. 6, Issue 2). http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Google Maps. (2022). No Title.
Hakimah, M., Tukadi, T., Hapsari, R. K., Nugroho, H., & Hapsari, D. P. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 3(2), 97–104. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i2.559
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, & Afandi, M. (2014). Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini: teori dan aplikasi. Prenada Media Group.
MODUL APLIKASI KOMPUTER PROGRAM STUDI MANAJEMEN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI IGI 2020. (n.d.). http://wordpress.com,
news.bsi.ac.id. (2022). Gunakan Teks Dasar Dan Shape Dalam Membuat Presentasi Yang Menarik.
Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & ... (2020). Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Dan Sosial Media. JMM (Jurnal …, 4(4), 6–9.
Rusman, Riyana, C., & Kurniawan, D. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi : mengembangkan profesionalitas guru. Rajawali Pers