Survei Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Se Kecamatan Kertosono
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.334Keywords:
Implementasi, Pendidikan JasmaniAbstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan wajib yang harus dimiliki setiap manusia, sampai kapan pun pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap individu manusia untuk memenuhi kebutuhan dan menyempurnakan diri sebagai manusia yang berilmu, berakhlak, dan berguna dalam suatu pembangunan nasional. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kuantitatif. Ali Maksum ( 2012:68 ) penelitian diskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan kejadian keadaan sesuai nyata. hasil penelitian diperoleh implementasi pendidikan jasmani kurikulum 2013 di SMP Se - Kecamatan Kertosono diketahui bahwa sebesar implementasi pendidikan jasmani kurikulum 2013 di SMP Se - Kecamatan Kertosono, untuk kategori “sangat rendah” sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,6 %; kategori “rendah” sebanyak 5 siswa atau sebesar 22,8 %; kategori “sedang” sebanyak 8 siswa atau sebesar 36,3 %; kategori “tinggi” sebanyak 4 siswa atau sebesar 18,2 %; dan ketegori “sangat tinggi” sebanyak 2 siswa atau sebesar 9,1 %.
Downloads
References
A. Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina, XIV(1), 71–95. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1669
Asnaldi, A., Zulman, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75
Aziz, R. (2016). Kerangka Dasar Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 286–292. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3483
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 156–167. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Candra, J., Pasaribu, A. M. N., & Fauzan, A. (2019). Pembuatan Mesin Pelontar Bola (Penbal) Alat Bantu Pembelajaran Dan Latihan Olahraga Bolavoli. Jurnal Prestasi, 3(6), 73. https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15899.
Firmansyah, A. M., & Rukmana, A. (2017). Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 7–14. http://ejournal.upi.edu/index.php/Mimbardiksar/article/view/7885/5004
Huda, K., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2016). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum di Sekolah Menengah atas Keberbakatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/miki.v6i1.9688
Lengkana, A. S., Sofa, N. S. N., & Artikel, I. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (1st ed.). UNESA University Press. https://www.researchgate.net/publication/303911963_Metodologi_Penelitian_dalam_Olahraga
Mashuri, hendra. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.681
Moh, I. (2015). Meningkatkan Keterampilan Bolavoli Mahasiswa Penjas Dengan Metode Latihan. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3936
Nugroho, K. A., Kristiyanto, A., Doewes, M., Sebelas, U., Jalan, M., Sutami, I., & Surakarta, K. (2018). Implementasi Pendidikan Jasmani dalam International Primary Curriculum. Jurnal Keolahragaan, 6(36), 110–119. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.21336
Pasaribu, A. M. N. (2016). Pengaruh Gaya Menagajar dan Motivasi Belajar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.510
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 89–97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12551
Pramana, I. nyoman D., Putra, N. P. S. W., Palguna, K. W., & Nugraha, K. Y. (2015). Evaluasi Pendidikan. Beta. http://www.umpalangkaraya.ac.id/dosen/suniati/wp-content/uploads/2015/05/EVALUASI-PENDIDIKAN-DSBY.pdf
Rusli, L. (2000). Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Depniknas. https://opac.ikippgriptk.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3554
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.
Simatupang, N. (2016). Pengetahuan Cedera Olahraga pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED. Jurnal Pedagogik Olahraga, 2(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22245/jpor.v2i1.4507
Suyatmin, S., & Widiyanto, W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak-Kanak 1 2. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 90–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12807
Widodo, A., & Sukabumi, U. M. (2018). Makna dan Peran Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Insan yang Melek Jasmaniah/ Terliterasi Jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.33558/motion.v9i1.1432
Widya, A. D. I., Pendidikan, J., & Volume, D. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Yuliawan, D. (2017). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.661