Penggunaan Pembelajaran Cooperative Learning Permainan Bola Voli Dalam Meningkatkan Hasil Passing
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.366Keywords:
Bolavoli, Cooperative Learning, PassingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan pembelajaran koperatif permain bola voli dalam meningkatkan hasil pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Tahun 2019/2020. Motode penelitian ini adalah survei dengan angket sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian isi angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat penggunaan pembelajaran kooperatif permainan bola voli dalam meningkatkan passing pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cikarang Timur yang termasuk kedalam kategori “sangat baik” dengan jumlah 0 siswa (0%) , kategori “baik” dengan jumlah 12 siswa (0,4%), kategori “cukup baik” dengan jumlah 0 siswa (0%), kategori “kurang baik” dengan jumlah 18 siswa (0,6%), dan kategori “kurang sangat baik” dengan jumlah 0 siswa (0%). Sedangkan rata – rata pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikarang Timur termasuk dalam kategori “kurang baik” yaitu dengan jumlah 18 siswa dengan persentase (0,6%).
Downloads
References
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Budiman, W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.3102/0013189X18785613
Candra, J., Pasaribu, A. M. N., & Fauzan, A. (2019). Pembuatan Mesin Pelontar Bola (Penbal) Alat Bantu Pembelajaran Dan Latihan Olahraga Bolavoli. Jurnal Prestasi, 3(6), 73. https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15899
Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal, 1(1), 51. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2001
Gotama, M. R., Adi, I. P. P., Luh, N., & Spyanawati, P. (2016). Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 1(2), 1–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/6902
Gustiawaty, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Resty Gustiawati. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 1(1), 27–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31
Hamzah, I., Ginanjar, A., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 58–63. https://ejournal.stkipnu.ac.id/public_html/ejournal/index.php/jkjo/article/view/58
Hanief, Y. N., Mashuri, H., & Subekti, T. B. A. (2018). Menignkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(76), 161–166. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414
Jannah, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas V di SD Seropan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 1–144. https://eprints.uny.ac.id/57037/1/SKRIPSI %28NURUL FATUL JANAH_12601241024_PJKR%29.pdf
Juniarta, I. P., Kanca, I. N., & Putra, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmanai Kesehatan Dan Rekreasi, 7(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11346
Kustiawan, A. A. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash Normal Bolavoli Pada Siswa kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 13–35. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.653
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61. https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69
Pasaribu, A. M. N. (2016). Pengaruh Gaya Menagajar dan Motivasi Belajar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.510
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 89–97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12551
Pianus, N. C., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Passing Bawah Bolavoli Di SMPN 14 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1), 1–6. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/479
Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani. Alfabeta.
Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Alfabeta.
Sahabuddin, Hakim, H., & Syahruddin. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Passing Bawah Bolavoli Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penjaskesrek, 7(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i2.1050
Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tournament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Bermain Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 8. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5659
Supriyono, & Sudarsono. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairing-Sharing (TPS) studi pada Siswa Kelas V SDN Simokerto V/138 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 540–543. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/13827