Hubungan Motivasi Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Authors

  • Tio Ahmad Maulana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Rekha Ratri Julianti Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.539

Keywords:

Motivasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara motivasi siswa dengan hasil belajar pendidikan jasmani, (2) korelasi antara media pembelajaran dengan hasil belajar pendidikan jasmani, dan (3) korelasi antara motivasi dan media pembelajaran dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI IPA SMAN 1 Klari Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XI IPA SMAN 1 Klari Kabupaten Karawang sebanyak 211 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi siswa dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,142>0,138) dan nilai signifikansi sebesar 0,040<0,05; (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara media pembelajaran dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,261>0,138) dan  nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan media pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI IPA SMAN 1 Klari Kabupaten Karawang. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,283>0,138, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, faktor yang perlu ditingkatkan adalah motivasi siswa serta media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnaldi, A., Zulman, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75

Aziz, R. (2016). Kerangka Dasar Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 286–292. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3483

Daulay, D. E., Priono, J., & Pasaribu, A. M. N. (2020). Efektifitas Pembelajaran dengan Media untuk Perbaikan Hasil Lompat Jauh. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 74–82. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13988

Depdiknas. (2020). Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Prasekolah, Dasar, dan Menengah Ketentuan Umum. 21(1), 1–9.

Dimyati, A., & Aminah, A. S. (2017). Pengaruh Fun Outbound Untuk Meningkatkan Motivasi siswa dalam mengikuti Pembelajaran Penjas pada Siswa Kelas XI di SMK Yisca CIlamaya Karawang. Seminar Nasional Riset Inovatif, 5, 153–158. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/931

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Hamzah, B. U. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 30. https://doi.org/10.23916/08588011

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(1), 52–62. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73

Kanca, I. N. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Penjasorkes. Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, Pendidikan Olahraga Pascasarjana UM, Abad 21, 1–14.

Kustandi, & Suctjipto. (2014). Media Pembelajaran Manual dan Digital.

Lengkana, A. S., Sofa, N. S. N., & Artikel, I. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Muna, M. K. (2017). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keseharan. Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 209–220.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Nugroho, U. (2015). Hubungan Perepsi, Sikap dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1), 1–10. https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/2640

Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). Peranan senam irama terhadap kebugaran jasmani untuk siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 89–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12551

Pujianto, D., Sutisyana, A., Arwin, A., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81

Sagala, R. S., & Daulay, D. E. (2020). Pengembangan Media Bantu Latihan Bertahan Pada Bola Voli Tahun 2019. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 115–126. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.371

Saleh, M. S., & Ramdhani, S. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP PGRI Barembeng Kabupaten Gowa. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.86

Titting, Fellyson, Hidayah, Taufik, Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15640/jpesm

Published

2021-05-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Hubungan Motivasi Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. (2021). Journal Coaching Education Sports, 2(1), 55-64. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.539