Pelatihan Online Database Fundamental Untuk Aparatur Sipil Negara dan non Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.193Keywords:
aparatur sipil negara, Covid-19, pengabdian masyarakat, MySQL, XAMPPAbstract
Abstract
Civil Servants (ASN) and non-ASN employees serve as professional public services by providing administrative services with the support of information and communication technology (ICT) to carry out integrated and sustainable government. The Bekasi city government is aware of the demands of the community, so there is a programming training for ASN and non ASN who are in the Bekasi City Government, due to the problem of lack of understanding the concept of Database and SQL (Structured Query Language), lack of ability to create Database and use MySQL. Fundamental Database training is conducted online as a solution given the COVID-19 pandemic and the existence of large-scale social restrictions (PSBB). Online activities are www.zoom.us and www.youtube.com, informed through www.facebook.com, www.twitter.com and www.instagram.com. The PkM activity gave the trainees the ability to see this from the participants' feedback on the material and the achievement of the training objectives, namely 3 (Enough) 5.8%, 4 (Good) 42% and 5 (Very Good) 52.2%.
Keywords: state civil apparatus, Covid-19, community service, MySQL, XAMPP
Abstrak
Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN berperan sebagai pelayanan publik yang profesional dengan memberikan pelayanan administratif dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menjalankan pemerintahan yang terintegrasi secara terpadu dan berkesinambungan. Pemerintah Kota Bekasi menyadari terhadap tuntutan masyarakat maka dilakukan pelatihan pemrogaman bagi ASN dan non ASN yang berada di Pemerintah Kota Bekasi, karena permasalahan kurangnya memahami konsep Database dan SQL (Structured Query Language), kurangnya kemampuan membuat Database dan penggunaan MySQL. Pelatihan Database Fundamental dilakukan secara online sebagai solusi mengingat pandemi COVID-19 dan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kegiatan secara online www.zoom.us dan www.youtube.com, diinformasikan melalui www.facebook.com, www.twitter.com dan www.instagram.com. Kegiatan PkM memberikan kemampuan pada peserta pelatihan hal ini terlihat dari feedback peserta terhadap materi dan dan pencapaian sasaran pelatihan yaitu nilai 3 (Cukup) 5.8%, nilai 4 (Bagus) 42% dan nilai 5 (Sangat Bagus) 52.2%.
Kata kunci: aparatur sipil negara, Covid-19, pengabdian masyarakat, MySQL, XAMPP