Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar)

Literasi Media Digital melalui Webinar

Authors

  • Mira Veranita Program Studi Manajemen Bisnis; Politeknik Piksi Ganesha
  • Ramayani Yusuf Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha
  • Yuda Sahidin Program Studi Manajemen Informatika; Politeknik Piksi Ganesha
  • Rini Susilowati Program Studi Manajemen Bisnis; Politeknik Piksi Ganesha
  • Dian Candra Fatihah Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha
  • Wiwi Warsiati Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.585

Abstract

Abstract

 

There are many problems faced by MSMEs due to the Covid-19 pandemic, even though MSMEs have a large enough contribution to national economic growth. Even though several types of businesses have actually experienced development, in general, MSMEs have been greatly affected. MSMEs must be able to adapt to the changes that occur, between innovating and utilizing digital marketing in running their business, especially in marketing their products. To support the digitization of MSMEs so that they are able to adapt to these changes, community service activities are carried out. This digital literacy is in a webinar format using the Zoom Meeting and Youtube Streaming application, which was attended by 147 participants, MSME owners, observers and academics from various cities in Indonesia. Activities run smoothly, with materials delivered by academics and practitioners in their fields. The participants were quite enthusiastic because the delivery was clear and interesting, so that the feedback obtained was quite satisfying, although there were still a few shortcomings.

 

Keywords: Branding, Digital Marketing, Literacy, MSMEs

 

Abstrak

 

Banyak permasalahan yang dihadapi UMKM akibat pandemi Covid-19, padahal UMKM memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Meskipun beberapa jenis usaha benar-benar mengalami perkembangan, namun secara umum UMKM sangat terpengaruh. UMKM harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, antara berinovasi dan memanfaatkan digital marketing dalam menjalankan usahanya, khususnya dalam memasarkan produknya. Untuk mendukung digitalisasi UMKM agar mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Literasi digital ini dalam format webinar dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Youtube Streaming yang diikuti oleh 147 peserta, pemilik UMKM, pemerhati dan akademisi dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan berjalan dengan lancar, dengan materi yang disampaikan oleh akademisi dan praktisi dibidangnya. Peserta cukup antusias karena penyampaiannya jelas dan menarik, sehingga feedback yang didapat cukup memuaskan walaupun masih ada beberapa kekurangan.

 

Kata kunci: Brand, Digital Marketing, Literasi, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mira Veranita, Program Studi Manajemen Bisnis; Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Manajemen Bisnis; Politeknik Piksi Ganesha

Ramayani Yusuf, Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

Yuda Sahidin, Program Studi Manajemen Informatika; Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Manajemen Informatika; Politeknik Piksi Ganesha

Rini Susilowati , Program Studi Manajemen Bisnis; Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Manajemen Bisnis; Politeknik Piksi Ganesha

Dian Candra Fatihah, Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

Wiwi Warsiati , Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Administrasi Keuangan; Politeknik Piksi Ganesha

Downloads

How to Cite

Veranita, M., Yusuf, R., Sahidin, Y. ., Susilowati , R. ., Fatihah, D. C., & Warsiati , W. . (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar): Literasi Media Digital melalui Webinar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2). https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.585

Issue

Section

Articles