Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Yang Gemar Korean Hallyu

Authors

  • Ade Ratri Fitria Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Fionna C. A. Uguy Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Zefanya Veronica Sinaga Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Atsilah Firyal Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

Keywords:

Korean Hallyu, Mahasiswa, Perilaku Konsumtif

Abstract

Meluasnya Kebudayaan Korea yang biasa disebut Korean Hallyu di Indonesia membuat banyak orang yang menjadi penggemar Kebudayaan tersebut. Mahasiswa yang menjadi penggemar Korean Hallyu biasanya sering membeli barang yang berkaitan dengan Korean Hallyu tanpa mempertimbangkan kegunaan atau manfaatnya biasanya disebut Perilaku Konsumtif. Perilaku konsumtif pada penggemar Korean Wave itu membuat setiap orang menjadi orang yang konsumtif dan boros karena hanya membeli barang yang bahkan sebenarnya tidak dibutuhkan. Dengan melibatkan sebanyak 103 Mahasiswa penggemar Korean Hallyu dilibatkan dalam penelitian, untuk mengetahui tingkat Perilaku Konsumtif pada penggemar Korean Hallyu. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan 
data pada penelitian ini adalah Skala Perilaku Konsumtif. Data dalam penelitian ini menggunakan Data Analisis Deskriptif. Hasil analisa yang didapatkan dalam penelitian Perilaku Konsumtif berdasarkan Jenis Kelamin mendapatkan nilai p (Probability) mendapatkan nilai 0.288. Disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada mahasiswsa berjenis kelamin Laki-laki dan Perempuan dalam Perilaku Konsumtif. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya melakukan penelitian pada Mahasiswa, kedepannya melakukan penelitian ini kepada seluruh kalangan tidak hanya kepada Mahasiswa.

Downloads

Published

2024-07-29