Kepuasan Diri Mahasiswa Saat Berbelanja Online

Authors

  • Laura Nethania Sidabutar Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Mutia Rasyida Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Sindi Tri Evilia Evilia Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Widi Sri Astuti S Pakpahan Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

Abstract

Belanja online adalah proses transaksi yang dilakukan melalui aplikasi atau e-commerce. Terjadinya belanja online dikarenakan kemajuan teknologi, sehingga seorang individu akan terus mengikuti peningkatan gaya hidup melalui teknologi, salah satu media online yang mudah untuk diakses. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya mahasiswa yang melakukan belanja online, kami melihat kepuasan diri mahasiswa yang lebih memilih melakukan belanja online daripada berbelanja secara offline. Dengan melibatkan 103 mahasiswa yang melakukan belanja online yang dilibatkan dalam penelitian ini untuk melihat gambaran mengenai kepuasan diri saat berbelanja online. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepuasan diri. Pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistic descriptive. Hasil Analisa mendapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam kepuasan, dalam hal ini taraf kepuasan laki-laki lebih rendah daripada perempuan. Dalam fenomena belanja online, perempuan menunjukkan sering melakukan belanja online dan tingkat kepuasannya lebih tinggi daripada laki-laki. Penelitian ini ke depannya perlu untuk menggali fenomena belanja online dari sisi laki-laki.

Downloads

Published

2024-07-29