Adversity Quotient Pada Mahasiswa Yang Gemar Menunda Mengerjakan Tugas

Authors

  • Adibah Nur Damiyati Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Vanesa Kusuma Dewi Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Nasywa Alvita Ardiningrum Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Syabina Zidna Fathna Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Mic Finanto Ario Bangun Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

Keywords:

: Menunda dalam mengerjakan tugas, Adversity quotient, Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa yang gemar menunda mengerjakan tugas dapat digambarkan sebagai kecenderungan untuk menunda dalam penyelesaian tugas sepenuhnya untuk terlibat dalam kegiatan lain yang tidak berguna sehingga mengakibatkan kinerja yang buruk serta tidak pernah menyelesaikan tugas tepat waktu. Masalah pada mahasiswa adalah dengan adanya ketidakmampuan untuk menggunakan waktu secara efektif, sehingga menyebabkan orang menunda-nunda, malas dan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat dengan adanya adversity quotient mahasiswa mampu untuk mengatasi masalah yang ada dalam dirinya ketika sedang malas atau menunda-nunda tugas. Sebanyak 87 responden mahasiswa angkatan 2021 yang menjadi responden dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penundaan dalam mengerjakan tugas yang dilakukan pada mahasiswa. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini menggunakan skala Adversity Quotient. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan berada pada taraf Adversity Quotient yang sama, hasil ini didapatkan dari Adversity Quotient berdasarkan jenis kelamin dan berdasarkan ipk semester sebelumnya. Laki-laki dan perempuan yang mengalami penundaan tugas memiliki taraf Adversity Quotient yang sama, keduanya tidak memiliki perbedaan secara signifikan. Dalam penelitian ini responden harus memiliki kemampuan berjuang dan gigih menanggapi kesulitan dan perlu adanya kelompok belajar untuk menciptakan lingkungan yang positif.

Downloads

Published

2024-07-29