Over sharing yang Dilakukan Mahasiswa Mencari Perhatian di Media Sosial
Keywords:
mahasiswa mencari perhatian, over sharingAbstract
Penelitian ini berangkat dari terjadinya mahasiswa mencari perhatian di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya yang menjadi wadah untuk berinteraksi, terlebih lagi beberapa mahasiswa senang mencari perhatian untuk membangun pencitraan diri yang baik. Dari fenomena mencari perhatian tersebut, terdapat masalah yaitu mahasiswa dengan media sosial yang bebas mengungkapkan perasaannya tanpa menyadari batasan privasi. Penelitian ini terjadi dari mahasiswa mencari perhatian di media sosial yang tanpa sadar melakukan over sharing, urgensinya adalah fenomena mahasiswa mencari perhatian di media sosial ternyata membuat pelakunya cenderung melakukan over sharing. Sebanyak 113 mahasiswa yang menjadi perilaku mencari perhatian di media sosial dilibatkan untuk mendapatkan gambaran tentang over sharing yang ada pada mereka. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan skala over sharing. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan berada pada taraf yang sama. Keduanya tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Maka dari itu, laki-laki dan perempuan mencari perhatian memiliki taraf overs haring yang sama. Kurangnya referensi dari penelitian terdahulu yang menyebabkan tidak adanya perbandingan, disarankan untuk banyak orang melakukan penelitian dengan topik ini.