FOMO (Fear Of Missing Out) Pengguna Instagram Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Alasan Membuka Instagram

Authors

  • Aura Ananda Puteri Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Annisa Elya Zein Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Evani Alvi Nugraha Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Isna Faradilla Fakultas Psikologi; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

Keywords:

Instagram, FOMO, Jenis kelamin, Alasan

Abstract

Instagram merupakan platform media sosial dengan popularitas kedua tertinggi, aplikasi ini merupakan wadah untuk membagikan konten berupa gambar maupun video. Pengguna media sosial Instagram didominasi oleh individu berusia 18-24 tahun dan kebanyakan adalah seorang mahasiswa. Berdasarkan hasil sebelum survei tentang perilaku menggunakan media sosial Instagram pada mahasiswa didapatkan data yang merujuk pada kecenderungan mahasiswa mengalami FoMO atau Fear of missing out, fenomena ini muncul akibat adanya penggunaan Instagram yang berlebihan. Mahasiswa menjadi terlalu sering membuka Instagram karena merasa takut tertinggal suatu trend ataupun informasi yang ada di Instagram. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan tingkat FoMO pada mahasiswa yang melibatkan 101 mahasiswa dengan karakteristik pengguna Instagram. Instrumen yang dipakai untuk mendapatkan data penelitian yaitu dengan skala FoMO dari teori Przybylski. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapatnya perbedaan FOMO pada mahasiswa perempuan dan laki-laki. FoMO pada perempuan dan laki-laki berada dalam taraf yang sama yaitu sedang.

Downloads

Published

2024-07-29